Kota Bogor Tutup Peringatan HUT Ke-77 RI, Arak Bendera Merah Putih Raksasa

by -
KHIDMAT: Komunitas FMP Kota Bogor menutup peringatan HUT ke-77 RI dengan mengarak bendera merah putih berukuran raksasa mulai dari Plaza Balai Kota Bogor hingga Pusdikzi Kodiklat TNI AD di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (28/8).

METROPOLITAN – Komu­nitas Festival Merah Putih (FMP) Kota Bogor menutup peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indo­nesia (RI) dengan mengarak bendera merah putih beruku­ran raksasa pada Minggu (28/8).

Kegiatan itu berlangsung mulai dari Plaza Balai Kota Bogor hingga Pusdikzi Kodik­lat TNI AD di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi sejumlah unsur Forum Koordinasi Pim­pinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor.

Ketua Panitia FMP Kota Bo­gor 2022, Irwan S Widjaja, menuturkan bahwa kirab me­rah putih sempat vakum se­lama dua tahun karena pan­demi. Tetapi, untuk tahun ini dapat terlaksana kembali menyusul kondisi pandemi Covid-19 yang mulai melandai.

Baca Juga  Curiga Bukti Kesuksesan Aldi Minor

Di usia yang kini menginjak tahun ke-77, lanjutkan Irwan, panitia mengakhiri rangkaian FMP dengan acara kirab me­rah putih dan diakhiri upa­cara penutupan FMP 2022.

“Alhamdulillah tahun 2022 ini kita laksanakan kembali (kirab merah putih, red). Dengan dipimpin jajaran For­kopimda, TNI-Polri, komuni­tas, ormas, dan masyarakat umum, sang merah putih raksasa berukuran 100 x 6 me­ter diarak dari Balai Kota Bogor menuju Pusdikzi,” tutur Irwan.

Selain mengarak bendera merah putih raksasa yang di­perkirakan melibatkan ribuan orang itu, penutupan FMP 2022 juga menghadirkan aksi drum­ben, pertunjukan kesenian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), hingga parade formasi di Pusdikzi.

Selama Agustus 2022, berba­gai kegiatan telah dilaksanakan pada even FMP tahun ini. Di antaranya, memerahputihkan Kota Bogor dengan pemasangan umbul-umbul di sekitaran Kota Bogor, menghias Lawang Salapan, memerahputihkan Bendung Katulampa. Lalu, pengibaran dan penurunan bendera di Tugu Kujang selama satu bulan penuh, doa bersama lintas agama, festival produk lokal Bogor, jagotret (jalan, go­wes, dan motret), serta donor darah.

Baca Juga  Paskibraka Nasional asal Bogor Dapat Hadiah Tabungan

“Di momen perayaan kemer­dekaan RI ini, mungkin hanya di Kota Bogor upacara pengi­baran dan penurunan bende­ra dilaksanakan setiap hari selama sebulan penuh, sepan­jang Agustus tepat di jantung Kota Bogor,” ujarnya.

“Ketika merah putih berkibar, lagu Indonesia Raya berku­mandang. Seluruh aktivitas lalu lintas terhenti. Warga yang melintas pun berhenti dan melakukan penghormatan bendera dengan khidmat. Ini adalah momen dimana ma­syarakat benar-benar men­ghayati arti perjuangan meraih kemerdekaan,” sambung Irwan.

Selain itu, jelasnya, FMP 2022 ini mengangkat tema ‘Untuk Indonesia Ku’ dengan harapan bahwa tema ini dapat membangkitkan semangat kebhinnekaan dan kebangsaan. Dari kita untuk Bogor, dari Bogor untuk Indonesia.

“Harapan kami selaku pani­tia, seluruh masyarakat dapat menikmati kemeriahan acara ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan atas negeri kita yang tercinta, Indonesia,” tandasnya. (rez/ eka/run)

Baca Juga  Bima Arya Akui Keluarga Jadi ‘Penyelamat’ Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *