LHP BPK, Kali Ini Pemkab Bogor Raih WDP

by -

METROPOLITAN.id – Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan (euangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tahun anggaran 2021 telah keluar. Kali ini, Pemkab Bogor mendapat opini Wajar dengan Pengecualian (WDP).

LHP tersebut diberikan langsung Plt Kepala BPK Jawa Barat kepada Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Bandung, Senin (1/8).

Dari hasil pemeriksaan BPK Jabar, Pemkab Bogor mendapat opini WDP atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2021.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, Pemkab Bogor telah berusaha dengan maksimal untuk menyajikan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akutansi Pemerintahan.

Baca Juga  Kembangkan Semua Bidang

Meski demikian, masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu disempurnakan dan harus ditindaklanjuti dengan sungguh-sungguh demi perbaikan ke depan.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim pemeriksa dari BPK atas segala rekomendasi dan masukannya selama masa pemeriksaan. Ini sangat berguna bagi peningkatan kualitas laporan keuangan dan perbaikan sistem pengendalian internal serta kepatuhan terhadap perundang-undangan pada tahun yang akan datang,” kata Iwan.

Pemeriksaan laporan keuangan ini dilakukan dalam dua tahap. Pemeriksaan pertama dilaksanakan pada 28 Maret hingga 26 April 2022. Tahap keduanya dilaksanakan pada 17 Mei hingg 1 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu, Iwan juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan DPRD Kabupaten Bogor serta seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan Pemkab Bogor.

Baca Juga  Mahasiswa Jepang Studi Banding Ke Kota Bogor

“Kami akan melakukan perbaikan administrasi, peningkatan pengawasan dengan membuat tim pengawas sebagai bentuk komitmen Pemkab Bogor agar kedepan jauh lebih baik. Kami juga telah menyusun rencana aksi untuk menindaklanjuti temuan-temuan pemeriksaan tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, M Romli mengatakan, pigaknya senantiasa mendukung langkah Pemkab Bogor dalam peningkatan kinerja dan pengawasan.

“DPRD Kabupaten Bogor senantiasa mendukung, baik pengawasan maupun rekomendasi dalam mendorong peningkatan kinerja pemerintah daerah,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *