Perbaikan Jalan, Pemkot Sukabumi Gelontorkan Rp24 Miliar

by -

METROPOLITAN – Tingkat kemantapan jalan milik Kota Sukabumi saat ini ter­golong cukup baik dengan persentase mencapai sekitar 84 persen. Sedangkan sisanya saat ini masih dalam perbai­kan.

”Ada sekitar 154 ruas jalan Kota Sukabumi yang kon­disinya tergolong cukup baik,” ujar Kepala Bidang Bina­marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, Lutfi Alip, kemarin.

Meski belum bisa 100 per­sen, upaya pemeliharaan dan perbaikan terhadap jalan rusak terus dilakukan se­suai anggaran yang ada. ”Sebenarnya kondisi jalan tidak akan mungkin bisa 100 persen. Tapi, setidaknya bisa mendekati angka terse­but. Kita terus berusaha agar jalan yang ada tetap bagus,” bebernya.

Di sisi lain, pihaknya juga tengah meningkatkan dan memperbaiki sepuluh titik ruas jalan. Di antaranya, Ja­lan Merdeka I dan II, Jalan Arief Rahman Hakim, ke­mudian Jalan Limusnunggal dan Jalan Parahita. Semua anggaran didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang mencapai sekitar Rp24 mi­liar lebih.

Baca Juga  Diskominfo Janji Tegur Pemilik Tower Bodong

”Rinciannya, sekitar Rp10 miliar lebih untuk rekon­struksi jalan dan sisanya Rp14 miliar lebih untuk pemeli­haraan berkala jalan. Jadi totalnya mencapai Rp24 miliar lebih,” bebernya.

Sedangkan untuk penye­lesaian bagi kesepuluh ruas jalan tersebut harus tuntas hingga akhir 2022, sesuai target yang sudah ditentukan. Untuk itu, ia berharap pelaks­anaannya bisa berjalan lan­car. ”Sesuai kontraknya ber­akhir akhir tahun ini, jadi pekerjaannya harus tuntas akhir tahun ini juga,” katanya.

Tahun ini, pihaknya sedang mempersiapkan pekerjaan pedestrian di tiga ruas jalan. Yakni, Jalan R Syamsudin SH, Jalan Suryakencana dan Ja­lan Ahmadyani dengan ang­garan dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Ba­rat sekitar Rp15 miliar lebih. ”Mungkin pertengahan Agus­tus ini pekerjaannya mulai dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga  449 Daerah Usulkan Dana Alokasi Khusus Fisik Perpustakaan

Di tiga ruas jalan tersebut, di antaranya lanjutan untuk penuntasan pedestrian yang dimulai dari Simpang Ci­kole sampai Suryakencana, kemudian pembangunan pedestrian di Jalan Surya­kencana sepanjang 1 kilo lebih atau mulai dari Kimia Farma hingga Labkesda Kota Sukabumi.

”Saat ini akan masuk tahap sosialisasi di lapangan, ke­mudian baru pelaksanaan. Mudah-mudahan minggu-minggu ini pekerjaannya sudah bisa dimulai,” pung­kasnya.(ms/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *