Perisai Gencar Ajak Pekerja Mandiri Dilindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

by -

METROPOLITAN.ID -Ratusan pengerajin, pedagang dan guru ngaji di Kecamatan Citeureup tercover BPJS Ketenagakerjaan.

Mereka mengikuti program JKK, JHT dan JKM melalui Agen penggerak jaminan sosial (Perisai) yang dikelola oleh Yayasan Ar-Royyan Al-Mubarok, di Kampung Nyangkokot RT 03/05 Desa Gunung Sari Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Ketua sekaligus Pendiri yayasan Ar-Royyan Al-Mubarok, Royani memaparkan, diirrjya baru sebulan menjadi Agen Perisai BPJS ketenagakerjaan Bogor Cileungsi. Tujuannya adalah agar banyak Pekerja Bukan penerima Upah yang tercover BPJS Ketenagakerjaan. Mengingat resiko kecelakan kerja juga bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja.

“Sekarang sudah ada 100 peserta BPJS ketenagakerjaan yang tercover melalui Perisai Yayasan Ar-Royyan Al-Mubarok ini,” kata dia, Senin (15/8/2022).

Royani memaparkan, peserta BPJS ketenagakerjaan melalui agen perisai yayasanya itu mulai dari pedagang pengerajin.

“Juga pelayan masyarakat seperti guru ngaji. Bahkan sedang melaksanakan akusisi pengurus MUI,” imbuhnya.

Baca Juga  Camat hingga Kapolsek Turun ke Jalan Bawa Pengeras Suara

Menurutnya, untuk mengajak masyarakat menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan tidaklah sulit. Setiap kali ia melakukan sosialisasi, masyarakat langsung tertarik dan faham akan pentingnya BPJS ketenagakerjaan ini.

“Alhamdulillah, mereka pertama melakukan sosialisasi kepada masyarakat juga ke organisasi masyarakat, sehingga hasilnya masyarakat diluar itu bisa mengetahui jenis dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala BPJS ketenagakerjaan Bogor cileungsi Dedi Mulyadi menuturkan Agen perisai BPJS ketenagakerjaan Bogor cileungsi menjadi salah satu ujung tombak untuk percepatan Perlindungan dan Kepesertaan BPJS ketenagakerjaan Bogor cileungsi di pelosok desa. Khusus menyasar kepesertaan sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU).

“Perisai gencar ajak Pekerja Mandiri dilindungi Program BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Kepala kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi, Dedi Mulyadi.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi Kejar Target

Dedi memaparkan, para Agen Perisai adalah yang memiliki potensi mendapat dab telah pembekalan agar mereka menguasai sejumlah informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga bisa melakukan edukasi, sosialisasi, serta memberikan pemahaman mengenai pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan dengan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Iya kita berikan pelatihan terhadap agen Perisai kita,” kata Kepala Kantor Cabang BPJS ketenagakerjaan Bogor cileungsi Dedi Mulyadi.

Dedi memaparkan, selain pelatihan, para agen perisai BPJS ketenagakerjaan Bogor cileungsi juga mendapatkan sosialisasi Progam BPJS ketenagakerjaan. Dengan demikian, perisai yang merupakan kepanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan bisa mengajak dan memberikan pemahaman yang lengkap dan menyeluruh terhadap calon peserta di wilayahnya masing masing.

Adapun Agen Perisai BPJS ketenagakerjaan Bogor cileungsi diharapkan dapat mengajak sebanyak-banyaknya pekerja informal mandiri terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini penting mengingat pekerja mandiri berhak mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, dengan mengikuti tiga program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua.

Baca Juga  Underpass Sholis hingga Tiang Penyangga Tol BORR Dipenuhi Grafiti, Dedie Rachim Minta Ini ke Disperumkim

“Tentuya dengan adanya perlindungan ini, bekerja menjadi lebih tenang dan produktif karena audah ada kepastian pertangungan jika terjadi risiko kecelakaan kerja atau meninggal dunia,”paparnya.

Dedi mengatakan, jika melihat data pencapaian jumlah peserta BPJS Bogor Cileungsi yang mendaftar dari agen Perisai tersebut, pihaknya optimistis jumlah pekerja yang tercover BPJS Ketenagakerjaan di Bogor ini lebih banyak.

Dedi memaparkan, tujuan pembentukan Perisai ini untuk lebih memudahkan dan mendekatkan pekerja mandiri terdaftar dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Lanjut dedi, Agen perisai ini merupakan perpanjangan tangan dari kantor Cabang BPJS ketenagakerjaan. “Memiliki fungsi pendaftaran, pengelolaan, edukasi dan sosialisasi program BPJS ketenagakerjaan,” jelasnya. (din/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.