Polda Jabar Siap Amankan Pemilu 2024, Deteksi Dini Segala Kerawanan

by -

METROPOLITAN.id – Polda Jawa Barat (Jabar) siap mengamankan Pemilu 2024. Bahkan sejak jauh hari, kepolisian telah melakukan deteksi dini atas segala kerawanan dalam momen pesta demokrasi tersebut.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana mengatakan, kepolisian sudah sering melakukan penanganan proses dinamika politik.

Saat ini, tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai dan masuk pendaftaran partai politik peserta pemilu.

“Kepolisian sudah sering melakukan penanganan proses dinamika politik, sekarang dimulai dengan pendaftaran parpol,” ujar Suntana saat berkunjung ke Polres Bogor, Selasa (2/8).

Menurutnya, jauh hari dari sebelum tahapan tersebut, pihaknya sudah melakukan deteksi kerawanan. Dari deteksi tersebut, kepolisian mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan agar semua proses berjalan lancar dan aman.

Baca Juga  Ade-Iwan tak Terkejar

“Dari tahap itu, tahap sebelumnya kepolisian sudah melakukan deteksi kerawanan. Dari deteksi itu kepolisian telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar semua proses berjalan lancar dan situasi masyarakat tetap aman dan tidak ada provokasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka tahapan Pemilu 2024 sejak 14 Juni 2022.

Tahapan dan jadwal tersebut tercantum pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024.

Saat ini, tahapan Pemilu 2024 sudah masuk pada pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.