SMK-PP Kementan Gelar Sosialisasi, Dukung P4GN

by -

METROPOLITAN.ID – Kementerian Pertanian menyatakan komitmennya untuk mendukung program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Komitmen tersebut disampaikan langsung Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, “Kementerian Pertanian akan konsisten dan berkomitmen dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba,” tutur Mentan SYL.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumbedaya Manusia Pertanian (BBPSDMP), Dedi Nursyamsi. Ia mengimbau para ASN di lingkup BBPSDMP agar bebas dari narkoba.

“Sebagai Aparatur Sipil Negara, menjadi suatu kewajiban harus bersih dari narkoba,” tegasnya.

Amanat dari pemerintah dan perintah dari Mentan dan Kepala BPPSDMP ditindaklanjuti SMK PP Negeri Banjarbaru, sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian (Kementan).

Baca Juga  Gelar Pembinaan, Pemcam Kemang Bareng BPD Sepakat Bangun Desa Maju Mandiri Sejahtera

SMK-PP Negeri Banjarbaru mengundang Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarbaru untuk menggelar sosialisasi P4GN tahun 2022 kepada pegawai serta siswa kelas X. Kemudian dilanjutkan tes Narkoba melalui urin bagi pegawai, yang dilaksanakan Kamis (25/08) di aula SMK PP N Banjarbaru.

Hadir dan membuka sosialisasi ini, Kepala SMK PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, menjelaskan sosialisasi dan tes urin ini sesuai Instruksi dari Presiden RI dan amanat dari Kementerian Pertanian dalam menanggulangi pengguna Narkoba di lingkungan pemerintahan.

“Hari ini kita sosialisasi tentang P4GN bagi pegawai dan siswa SMK PP N Banjarbaru, karena seluruh komponen termasuk Kemeterian untuk selalu mendukung rencana aksi P4GN ini. Ada dua komponen yang kita bisa laksanakan dalam kegiatan P4GN ini, pertama kampanye publik tentang bahaya narkoba, dan kedua, deteksi dini penyalahgunaan narkoba,” terang Budi.

Baca Juga  Terkait Puan Jadi Capres, Ini Kata Emrus Sihombing

Tambah Budi menjelaskan, “Jadi melalui sosialisasi dari BNN ini kita harus semakin waspada dan menghindari terpapar dari narkoba”, Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNN Kota Banjarbaru, Agus Lukito, mengapresiasi kegiatan ini karena mendukung pelaksanaan program nasional P4GN dengan aksi nyata Kementerian Pertanian terutama di SMK PP N Banjarbaru.

Kepala BNN Kota Banjarbaru menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan P4GN sesuai Inpres No. 2 Tahun 2020, pemerintah ingin merangkul seluruh elemen, baik lembaga pemerintahan pusat dan daerah maupun masyarakat dan pelaku usaha, untuk bersama-sama menyusun dan melaksanakan RAN P4GN periode 2020-2024.

Setelah sosialisasi P4GN, kemudian dilanjutkan tes narkoba melalui urin bagi seluruh pegawai yang diawasi dan di cek langsung oleh Dokter penguji dari BNN Kota Banjarbaru menggunakan 6 parameter yang digunakan dalam pengujian sampel, yaitu Amphetamine (AMP), Metamphitamine (MET), Cocaine (COC), Ganja (THC), Benzoat dan Morphine (MOP). (suf)

Baca Juga  Tergeletak di Pinggir Jalan, Dinsos Bogor Evakuasi ODGJ ke RS Marzoeki Mahdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *