Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Habib Fahmy Semangati Para Mahasiswa

by -

METROPOLITAN – Membentuk generasi muda yang berwawasan kebangsaan serta membangun kepribadian patriotisme dalam jiwa mahasiswa, anggota MPR RI Dapil Jawa Barat V (Kabupaten Bogor), Fahmy Alaydroes,  menyelenggarakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di hadapan mahasiswa di aula DPTD PKS Kabupaten Bogor, Ahad (31/7).

Mereka diharapkan bisa menyerap dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bineka Tunggal Ika sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Acara tersebut langsung diisi Fahmy Alaydroes dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota MPR. Dalam kesempatan itu, Habib mengatakan, untuk memajukan bangsa dibutuhkan generasi berjiwa patriot sesuai perkembangan zaman. “Yakni, patriot yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki daya saing dan produktivitas tinggi, sehingga mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain,” papar Fahmy.

Baca Juga  Habib Fahmy Ingatkan Mosi Integral Natsir

Menurutnya, tanggung jawab keutuhan bangsa ada di pundak pemerintah, termasuk MPR. Tapi akan lebih efektif disertai andil berbagai lapisan masyarakat, termasuk pemerintah daerah, TNI, polri bahkan mahasiswa dalam mengemban tugas tersebut.

“Mahasiswa sebagai generasi muda dan penerus bangsa adalah aktor penting bagi keberlangsungan masa depan bangsa, sehingga harus memiliki wawasan kebangsaan yang integral,” jelas Habib Fahmy.

Karena itu, mahasiswa diharapkan memiliki semangat patriotik yang disesuaikan zaman. “Yakni, memiliki karakter kebangsaan yang kuat, menguasai ilmu pengetahuan teknologi, sehingga memiliki daya saing tinggi serta berakhlak mulia” tutur pria lulusan Fakultas Psikologi UI itu.

Selanjutnya, Habib Fahmy  mengatakan bahwa mahasiswa adalah bagian dari elemen pemuda Indonesia yang merupakan aset bangsa dan modal pembangunan serta potensial sebagai bagian dari aset pertahanan bela negara. Terlebih, mereka adalah mahasiswa yang mendapat subsidi dari rakyat, sehingga perlu mendapatkan pemahaman dan penguatan dalam wawasan kebangsaan dan motivasi bela negara.

Baca Juga  Habib Fahmy Ajak Guru-guru Pahami Pancasila

“Dalam konteks ini, diharapkan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bisa memberikan wacana dan pembentukan karakter bangsa yang berakhlak, berbudi pekerti dan berperilaku baik melalui pembinaan penguatan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa,” paparnya.

DPD PKS Kabupaten Bogor turut memfasilitasi kelancaran kegiatan ini sebagai pihak yang mempersilakan gedungnya digunakan untuk kegiatan ini. Sejumlah 150 mahasiswa dari STT Nurul Fikri nampak bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini.

Salah seorang peserta, Zulfikar, mengatakan, acara ini perlu dilaksanakan secara kontinu dan berkelanjutan guna memberikan wawasan dan pemahaman kebangsaan secara lebih mendalam kepada mahasiswa.

Habib Fahmy menambahkan, bangsa ini perlu terus diingatkan tentang pentingnya pemahaman dan pengamalan Pancasila secara benar dan utuh.  “Agar bangsa ini tak lagi tercabik-cabik  persatuannya dan terkotak-kotak pemikirannya oleh isu-isu yang sengaja dihembuskan pihak-pihak yang tidak senang melihat bersatunya bangsa ini di bawah semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” pungkasnya.(*/eka/py)

Baca Juga  Habib Fahmy Ajak Pemuda Bantarsari Pahami Arti Pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published.