Start di Kebun Raya, Sandiaga Uno Lepas Peserta PHRI BikeTour Seri Bogor 2022

by -

METROPOLITAN.id – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Biketour Seri ke-3 digelar di Kota Bogor, Sabtu (6/8). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melepas langsung ratusan pesepeda di Kebun Raya Bogor.

Ada sekitar 200 peserta yang terlibat dalam event ini. Mereka diajak mengelilingi Kota Bogor dengan rute sepanjang 31 Kilometer dan finish di Kebun Raya Bogor.

PHRI BikeTour seri Bogor ini tergabung dalam rangkaian Festival Merah Putih menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Setelah melepas peserta, Sandiaga Uno juga melakukan upacara kenaikan bendera Merah Putih di depan Tugu Kujang, Kota Bogor bersama-sama.

Dalam kesempatan itu, Sandi mengubgkapkan bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia tumbuh berkembang usai terdampak pendami Covid-19.

Selain itu, pertumbuhan pariwisata juga ikut melesat naik seiring pandemi Covid-19 di Indonesia yang kian melandai.

“Di hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia ke-77 ini, dengan tagline Bangkit Lebih Cepat Pulih Lebih Cepat, kita merayakan pertumbuhan ekonomi 5,44 persen dan ini saya diinstruksikan Presiden bahwa kita bersyukur tapi juga waspada karena ke depan juga akan banyak ketidakpastian. Yang dapat kami pastikan bahwa pariwisata tumbuh hampir 10 persen di angka 9,76 persen dan dalam penciptaan 1.1 juta lapangan kerja baru,” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga  Duh, Rumah Sakit Ini Tulari Lima Pasiennya dengan Virus HIV

Menurutnya, Kota Bogor adalah salah satu ikon wisata dan menjadi konsep urban tourism. Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya melihat tadi ada Chinatown, yang akan menjadi show case dan daya tarik utama adalah Kebun Raya Bogor. Dan kami akan juga mengunjungi Bogor Selatan dimana di situ juga ada satu konsep kampung wisata yang akan kita kembangkan kedepan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, area Tugu Kujang nantinya akan menjadi Bundaran HI-nya Kota Bogor. Konsep perencanaannya dibuat terintegrasi, mulai dari Tugu Kujang, Lawang Salapan, dan Botani Square.

Menurutnya, Kota Bogor memposisikan diri sebagai destinasi sport, salah satunya melalui beragam konsep seperti Bogor Berlari.

Baca Juga  “Pernyataan Ahok Berubah-ubah Bukti Ketidakstabilan” Itu Kata Denni JA

“Bogor ini targetnya bukan hanya ekonomi recovery tapi reborn, makanya kampung wisata, kampung tematik kita dorong terus. Saya cerita sedikit tentang Mulyaharja Ciharasas, bagaimana dari dampak pandemi yang besar banyak pengangguran. Tapi sekarang warga disana jadi tour guide, ibu-ibu jadi buka catering dan lainnya, dan Mas Menteri (Sandiaga Uno) janji akan mengunjungi Ciharasas saat panen nanti,” terang Bima.

Wakil Ketua Umum BPP-PHRI Bidang Promosi dan Pemasaran, Budi Tirtawisata mengungkapkan, antusiasme peserta semakin hari semakin meningkat untuk ikut serta dalam PHRI BikeTour. Kegiatan ini juga mendapat banyak dukungan dari mitra-mitra di asosiasi industri dan juga sponsor.

Budi menjelaskan, PHRI BikeTour merupakan kegiatan sepeda wisata untuk mengenalkan destinasi wisata, budaya, dan keotentikan sebuah daerah dalam upaya memulihkan sektor pawisata pasca-pandemi, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke pelbagai daerah.

Baca Juga  Bangun Tanpa Izin, Satpol PP Segera Denda SMP Kreativa Bogor

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi PHRI dengan Inspiro, perusahaan yang berpengalaman menyelenggarakan kegiatan sport event di Indonesia, selain itu juga didukung oleh asosiasi industry seperti GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) serta Hippindo (Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia). Dengan semakin banyaknya kolaborasi diharapkan kegiatan ini menjadi semakin besar dan dapat memberikan dampak langsung pada ekonomi di daerah yang kita kunjungi melalui kegiatan BikeTour,” harapnya.

Sementara itu, CEO Inspiro Group, Ndang Mawardi mengatakan, setiap peserta akan diajak mengunggah aktivitas bersepedanya di media sosial masing-masing. Dengan demikian spot wisata atau atraksi budaya dalam rangkaian PHRI BikeTour menjadi lebih dikenal masyarakat.

“Setelah Padang, Bali, dan Bogor, PHRI BikeTour juga akan hadir di tujuh kota lainnya yaitu Yogyakarta (September), Mandalika (November), Makassar (November), dan Jakarta (Desember). Dan kegiatan di empat kota berikutnya dipastikan akan lebih meriah dan lebih banjir hadiah,” tandasnya. (far/c/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.