Suksesi Pemilu 2024, KPU dan Pemkab Bogor Gelar Pertemuan

by -

METROPOLITAN.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor menggelar audiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Langkah ini dilakukan demi suksesi Pemilu 2024 yang tahapannya sudah berjalan.

Kedatangan KPU Kabupaten Bogor disambut langsung Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dan jajaran di ruang rapat bupati Bogor, Kamis (4/8).

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan, kedatangannya dimaksudkan untuk meminta dukungan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Menurutnya, pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Bogor memiliki banyak tantangan. Sebab, Kabupaten Bogor menjadi wilayah dengan daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak se-Indonesia untuk tingkat kabupaten/kota.

Belum lagi, Bumi Tegar Beriman memiliki wilayah yang sangat luas.

“Pertama kita sinergi dengan pemerintah daerah. Kita meminta dukungan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.  Kabupaten Bogor dengan jumlah DPT terbesar, tidak mungkin KPU bisa melaksanakan tanpa sinergi semua pihak, terutama dari pemerintah daerah. Alhamdulillah kami tadi diterima Plt Bupati Bogor dengan menghadirkan stakeholder yang berkaitan dengan kita,” ujar Ummi.

Baca Juga  Wisata Sejarah Pecinan Bogor

Dari audiensi tersebut, banyak hal yang bisa dikerjasamakan KPU dengan Pemkab Bogor. Di antaranya, KPU bakal menggandeng Dinas Pendidikan (Disdik) untuk sosialiasi dan pembentukan badan adhock.

“Dengan DPT terbesar dan wilayah yang luas, untuk sosialisasi saja kita perlu dukungan banyak pihak. Tadi Diskominfo punya banyak videotron yang bisa kita pakai untuk sosialisasi. Lalu dengan Disdik, karena nanti kita rekrutmen badan adhock dan tes CAT-nya di tiap-tiap kecamatan, kita bisa menggandeng sekolah. Intinya yang bisa dikerjakan bareng kita lakukan itu untuk suksesi Pemilu 2024,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyampaikan terima kasihnya kepada KPU atas audiensi tersebut. Pihaknya menghadirkan seluruh pemangku kebijakan terkait di tingkat dinas hingga kecamatan agar semua bisa saling membantu.

Baca Juga  Ngadu Jalan Rusak hingga Macet

Iwan optimis dengan kinerja KPU Kabupaten Bogor yang sudah terbiasa menyelenggarakan pesta demokrasi bisa berjalan lancar dan aman. Meski demikian, sinergitas Pemkab Bogor dan KPU Kabupaten Bogor harus terjalin dengan baik.

“Karena ini bukan kepentingan kita pribadi, kelompok maupun golongan, tapi ini kepentingan masyarakat karena berhubungan dengan suara masyarakat yang tidak bisa kita anggap sebelah mata. Sekali berdampak negatif, kecurigaan masyarakat terhadap pelaksana penyelenggaraan pemilu itu juga akan berdampak negatif terhadap kinerja pemerintah,” terang Iwan Setiawan. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.