Tanah Bergerak! Jalan Desa Rusak, Dua Rumah Retak-Retak

by -
RETAK: Sejumlah rumah warga di Kampung Leuwiranji, RW 02, Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, mengalami retak-retak dampak pergeseran tanah.

METROPOLITAN – Dampak hujan deras yang turun hampir setiap hari di Kecamatan Rum­pin, membuat kontur tanah di salah satu wilayah desa men­galami pergerakan. Hal itu membuat jalan desa longsor dan konstruksi bangunan di dua rumah warga retak-retak.

Peristiwa itu terjadi di Kam­pung Leuwiranji, RW 02, Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin. Dari informasi yang didapat, jalan tersebut meru­pakan akses penghubung Desa Sukamulya dengan Desa Tamansari. Sedangkan dua rumah warga yang retak-retak berada di RT 03/02, Desa Sukamulya.

Ketua RW 02, Desa Sukam­ulya, Hariyanto Manrau, men­gungkapkan kondisi jalan longsor cukup parah dan ber­bahaya jika dilintasi kendar­aan. Bahkan, kontur tanah yang labil terasa bergerak saat dilin­tasi kendaraan.

”Ini kan musibah, bencana alam. Kondisinya juga cukup parah. Jadi harus segera di­tangani pemerintah desa mau­pun pihak terkait lainnya. Saya sarankan jalan ini ditutup total dulu, karena berbahaya jika dilintasi,” ungkap Hariyanto di lokasi bencana, kemarin.

Baca Juga  Jambret Tas Dikromas

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Sukamulya Ah­mad Suwandi mengaku Pe­merintah Desa (Pemdes) Su­kamulya bersama Unit Satpol PP Kecamatan Rumpin sudah melakukan pengecekan lo­kasi bencana tersebut.

”Sudah dilakukan pengece­kan ke lokasi. Kejadian ini juga sudah dilaporkan ke Ba­dan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Kecamatan Rum­pin. Sedangkan untuk langkah penanganan selanjutnya sedang dikoordinasikan,” tuntas Wan­di. (sir/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *