Tekan Angka Pengangguran, Disnaker Gandeng Asosiasi Pengusaha

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menargetkan angka pengangguran terus berkurang pada 2022. Bahkan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) mengklaim dapat memberikan peluang kepada pukuhan ribu pencari kerja di Kabupaten Bogor.

“Melalui program Bogor Career Center (BCC,red) memberikan peluang setidaknya kepada 50 ribu pengangguran. Untuk yang bikin AK-1 atau kartu pencari kerja saja sudah 10 ribu lebih sampai sekarang,” kata Kepala Disnaker Kabupaten Bogor Zaenal Ashari.

Melalui BCC, Pemkab Bogor menggandeng perusahaan-perusahaan melalui berbagai asosiasi. BCC sendiri menjalankan fungsi sebagai biro penyalur pencari kerja bagi masyarakat Kabupaten Bogor.

“Kami juga sedang memaksimalkan kerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan pekerja,” kata dia.

Baca Juga  Rebutan Empat Besar Liga Inggris

“Pelamar juga bisa melihat proses lamarannya sudah sejauh mana, apakah diterima, atau ditolak itu bisa dimonitor sendiri, perusahaan juga sekarang bisa interaksi langsung dengan pelamar melalui website,” sambung Zaenal.

Dengan kehadiran BCC jumlah pengangguran mulai berkurang. Hingga pertengahan 2022, sedikitnya ada 83 pengguna BCC berhasil diterima kerja.

“Kalau realisasinya lebih dari itu, karena banyak juga yang sudah bekerja tetapi belum mengubah statusnya di sistem, si pelamar itu bisa mengubah secara manual,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemkab Bogor mencatat adanya pengurangan jumlah pengangguran di wilayahnya selama tahun 2021, yakni sebanyak 50.127 orang.

“Ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Tahun ini angka pengangguran menurun sangat signifikan, berkurang 2,07 persen, dari 14,29 persen menjadi 12,22 persen,” kata Anggota Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar.

Baca Juga  Hiks, Agen Bantah Kabar Ibrahimovic Sudah Teken Kontrak Baru di AC Milan,

Pria yang akrab disapa Gus Udin itu menyebutkan, jumlah pengangguran yang semula tercatat 390.7321 orang di tahun 2020, tahun 2021 jumlahnya berkurang 50.127 orang, sehingga menjadi 340.604 orang.

“Merujuk pada data BPS, penurunan angka pengangguran di Kabupaten Bogor tahun ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan kota/kabupaten lain di Jawa Barat,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published.