Tiga Perumahan Dekat Kantor Bupati Bogor Direndam Banjir

by -
Warga tiga perumahan di belakang Perkantoran Pemkab Bogor direndam banjir.

METROPOLITAN.id – Warga tiga perumahan di Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong kembali direndam banjir untuk yang ketiga kalinya dalam dua bulan terakhir. Setidaknya ada 64 rumah warga yang terendam hingga lutut orang dewasa.

Ali Wakil Ketua RT 05/09 Kelurahan Pakansari mengatakan, selama 12 tahun dirinya tinggal di perumahan tersebut belum pernah terjadi banjir. Namun sejak adanya pembangunan Hotel Sayaga di Jalan Tegar Beriman, setidaknya sudah terjadi enam kali banjir yang merendam perumahan disekitarnya.

“Banjir ini sejak 2019 dan sudah enam kali kejadian. Selama tinggal disini 12 tahun kami belum pernah mengalami banjir,” kata Ali.

Bahkan ia menyebutkan dalam dua bulan terakhir setidaknya sudah tiga kali banjir, dimana pada 16 Juli, 9 Agustus dan 15 Agustus. Ali menduga banjir tersebut terjadi sejak adanya pembangunan Hotel Sayaga dekat pintu masuk Perumahan Mutiara Hijau Residen.

Baca Juga  Bantu Korban Banjir, FAJI Turun Tangan

“Banjir ini mengakibatkan kerugian besar masyarakat, apalagi tidak ada bantuan yang diberikan seperti air bersih. Kami minta persoalan ini segera diselesaikan,” paparnya.

Hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu rupanya merendam tiga perumahan yang tak jauh dari Kantor Bupati Bogor. Tiga perumahan tersebut diantaranya Perumahan Mutiara Hijau Residen, Golden Park, Grand Cibinong.

“Kita sudah mendapatkan laporannya dan persoalan ini sudah dirapatkan di tingkat Kabupaten serta sudah dirapatkan yang dipimpin oleh bapak Asisten Ekonomi dan Pembangunan,” kata Camat Cibinong Rusliandi.

Selain tiga perumahan, lanjut Rusliandi, ada pemukiman warga yang ikut terendam banjir tersebut. Dan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk mengatasi banjir tersebut agar segera surut.

Baca Juga  Terkuak! Terdakwa Ihsan Ayatullah Sebut Ade Yasin Nggak Terlibat dalam Aliran Uang Suap ke BPK

“Kita sedang surutkan dulu airnya karena banjir ini mencapai lutut orang dewasa. Dan sampah-sampah yang ada diangkat. Sampah tersebut ada yang dari rumah tangga serta sisa puing-puing pembangunan,” kata dia.

“Begitu juga dengan gorong-gorong kita bersihkan. Karena diduga penyumbatan gorong-gorong yang membuat beberapa perumahan ini kebanjiran,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *