Verifikasi Parpol Peserta Pemilu, KPU bakal Door to Door Cek Sampel

by -

METROPOLITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ka­bupaten Bogor mulai meng­gencarkan sosialisasi aturan pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pe­milu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bo­gor, Ummi Wahyuni, men­gatakan bahwa tahapan pe­milu sudah dimulai sejak 14 Juni 2022 atau 20 bulan se­belum dilakukan pemungu­tan suara pada 14 Februari 2024.

“Oleh karena itu, KPU Bogor mulai gencar melakukan ke­giatan, baik tahapan pemilu maupun kegiatan non-taha­pan pemilu,” kata Ummi Wa­hyuni saat sosialisasi di Ho­tel Bigland Sentul, Babakan­madang, Kabupaten Bogor, Jumat (30/7).

Sosialisasi ini membahas soal PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024. Selama sosialisasi ter­jadi diskusi yang cukup hangat.

Baca Juga  50 Calon Anggota KPU Bogor Lolos Psikotes

“Nanti KPU Bogor akan mengecek langsung door to door (rumah ke rumah) ang­gota parpol yang masuk dalam sampel dari parpol yang di­verifikasi faktual,” terang Ko­misioner KPU Jawa Barat Divisi Teknis Penyelenggar­aan Pemilu, Endun Abdul Haq.

“Krejcie dan Morgan adalah rumus yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel yang akan dilakukan verifi­kasi faktual,” sambungnya.

Sementara itu, anggota Ba­waslu Jawa Barat Divisi Penanganan Pelanggaran, Sutarno, mengatakan, ka­rena saat ini sudah masuk tahapan Pemilu 2024, penyel­enggara pemilu harus mulai hati-hati bertemu calon pe­serta pemilu.

“Mungkin kemarin-kemarin bisa komunikasi sambil ngo­pi-ngopi, tapi saat ini sudah tahapan pemilu, jadi harus sudah mengambil jarak dan itu tugas Bawaslu,” tegas Su­tarno. (fin/py)

Baca Juga  Menteri Jokowi Dilarang Sibuk Kampanye

Leave a Reply

Your email address will not be published.