524 Bencana Terjadi Sepanjang 2022, Bogor Siaga Jelang Musim Hujan

by -

METROPOLITAN.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat ada 524 bencana yang terjadi di Kabupaten Bogor sepanjang 2022.

Untuk memantapkan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana memasuki musim hujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar apel siaga bencana di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (29/9).

“Ini kami lakukan untuk memantapkan kesiapsiagaan personel dan materil dalam mengantisipasi bencana alam, sehubungan meningkatnya intensitas hujan dan angin kencang di wilayah Kabupaten Bogor,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin.

Wilayah Kabupaten Bogor sendiri secara geografis dan topografis cukup labil dan rawan longsor, angin puting beliung dan banjir.

Berdasarkan data BPBD sepanjang 2022 hingga Agustus, ada 524 bencana di Kabupaten Bogor. Rinciannya, 228 bencana tanah longsor, 165 angin kencang, dan 71 bencana banjir. Termasuk bencana pergerakan tanah di Desa Bojongkoneng Kecamatan Babakanmadang dan Desa Banyuwangi Kecamatan Cigudeg pada pertengahan September lalu.

Baca Juga  Bima Arya Motivasi 45 Anak Buahnya

Untuk itu, Burhanudin meminta seluruh personel gabungan agar memaksimalkan konsolidasi penanggulangan bencana, meningkatkan kesiapsiagaan, pengawasan dan sinergi dalam mengantisipasi bencana. Tujuannya, untuk meminimalisasi risiko dan dampak bencana.

“Kami apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh jajaran personel gabungan yang terlibat dalam upaya menghadapi ancaman dan penanggulangan bencana alam pada tahun 2022 di wilayah Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hasan mengaku Pemkab Bogor senantiasa bergerak cepat dalam menangani berbagai peristiwa bencana alam di Kabupaten Bogor.

“Kita sudah belajar melalui berbagai peristiwa, berkat kebersamaan aparat alhamdulilah kita bisa menangani bencana alam di Kabupaten Bogor dengan baik. Melalui apel siaga hari ini kita mantapkan kesiapan, mengingat curah hujan yang tinggi di Oktober dan November ini,” tandasnya. (fin)

Baca Juga  Disdik Verifikasi Data 2.192 Peserta UN Kesetaraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *