Alhamdulillah.. Akhirnya Enam RTLH di Ciawi Dapat Bantuan Rp15 Juta

by -

METROPOLITAN.id – Sebanyak enam rumah warga di Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor mendapatkan batuan renovasi melalui program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni atau RLTH.

Saat ini, rumah-rumah tersebut tengah direnovasi. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Abdul Rahman.

Menurutnya, sebanyak 6 unit rumah dari program RTLH yang ada di desa Banjarwaru mendapat bantuan Rp15 Juta per unit dan langsung diberikan kepada penerima manfaat untuk keperluan membayar biaya atau upah tukang.

“Hal ini dilakukan agar dana bantuan RTLH itu benar-benar digunakan untuk melakukan renovasi rumah,” katanya saat ditemui di lokasi pembangunan, Kamis (29/9).

Tidak hanya itu, ia pun sudah melakukan survei langsung ke lokasi rumah warga bersama LPM, RT dan RW.

Baca Juga  Mahasiswa IPB Terima Beasiswa dari BCA

Di sisi lain, pada tahun 2023, warga desa banjarwaru Kecamatan Ciawi yang mendapatkan bantuan renovasi rumah lebih banyak melalui program RTLH lainnya.

“Untuk bantuan pun sudah kita pastikan. Kami cek ke lapangan karena memang kondisinya benar-benar memperihatinkan.  Nantinya akan terus kita pantau dan kita juga akan terus sisir kembali seperti ini agar tidak ada lagi yang tidak tertangani atau tidak tercatat oleh pihak desa,” ujarnya.

Abdul Rahman menambahkan, tinjauan langsung ke rumah warga sebagai penerima Program Penanganan RTLH di Desa Banjarwaru akan terus berlanjut untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan.

“Dalam kesempatan ini, kami berharap bantuan rumah melalui Program Penanganan RTLH bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah Puncak Ciawi,” tukasnya.

Baca Juga  Musdes, Pemdes Cinagara Bentuk Panitia Pilkades

“Semoga rumah ini menjadi rumah yang berkah bagi penghuninya, selalu diberikan keselamatan dan kelancaran usaha bagi para penghuninya,” tuntas Abdul Rahman.

Salah satu warga Banjarwaru RT 01/01 yang mendapat Sahdi selaku warga Banjarwaru RT 01 RW 01 yang mendapati RTLH mengatakan, dirinya sangat terharu mendapati program tersebut.

“Alhamdulilah kami mendapati program renovasi rumah yang selama bertahun-tahun mengajukan ke pemerintahan desa belum terealisasi, di tahun 2022 ini kami baru  mendapati RTLH tersebut,” tuturnya.

Beliau juga berharap untuk kedepannya semoga kegiatan ini dapat berlanjut terus. (jal/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *