Alhamdulillah… Insentif RT/RW di Depok Cair

by -
TERIMA: Penandatanganan penerimaan dana insentif RT/RW dan LPM di kantor Kelurahan Tanah Baru Kota Depok, Jumat (23/9).

METROPOLITAN – Seluruh ketua RT/RW dan LPM di wilayah Kelurahan Tanah Baru, Beji, Kota Depok, boleh berbahagia. Sebab, dana in­sentif yang diberikan tahun ini cair Jumat (23/9).

Sebelum mencairkan dana insentif tersebut, ketua ling­kungan harus menandatan­gani penerimaan dana in­sentif di kantor Kelurahan Tanah Baru.

Kasi Kemas Kelurahan Tanah Baru, Suherni, mengatakan, dana insentif darI 96 ketua RT, 14 RW dan LPM di Kelu­rahan Tanah Baru diberikan dengan nominal yang ber­beda. Dari total ketua RT/RW dan LPM di Kelurahan Tanah Baru, dana insentif yang diberikan untuk RT se­nilai Rp500.000 per bulan, RW Rp600.000 dan LPM Rp800.000.

Suherni mengungkapkan, dana insentif ini diberikan per empat bulan sekali dan baru diterapkan pada Januari 2022. Berbeda dengan tahun lalu dana insentif diberikan per enam bulan sekali.

Baca Juga  Jambret Spesialis Emak-emak Bermotor Dibekuk Polisi

“Jadi tinggal dikalkulasikan saja. Ketua RT per bulan Rp500.000 dikali empat bulan, total yang mereka dapat berar­ti Rp2 juta per empat bulan. Ketua RW mendapat Rp2,4 juta dan LPM Rp3,2 juta,” te­rangnya, Minggu (25/9).

Sebelum menerima dana insentif, lanjut Suherni, ketua RT/RW maupun LPM terlebih dulu menandatangani pene­rimaan dana insentif RT/RW dan LPM di kantor Kelurahan Tanah Baru.

“Setelah penandatanganan usai dilakukan, dana insentif tersebut akan diberikan melalui rekening pribadi masing-masing ketua RT/RW dan LPM,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, turut hadir Ketua RT 04/06, Tanah Baru, Surmansyah. Ia men­gungkapkan, pemberian dana insentif yang diberikan aparatur Kelurahan Tanah Baru sangat membantu. Me­ski kisarannya tidak terlalu besar.

Baca Juga  Gelontorkan Rp5 M buat Insentif

Berkaitan dengan perban­dingan insentif yang diberi­kan tahun lalu, Surmansyah mengatakan, memang ada peningkatan pemberian dana insentif dibandingkan tahun sebelumnya secara bertahap.

“Pertama kali saya menjabat sebagai ketua RT 04/06 pada 2016. Dana insentif yang di­berikan senilai Rp150.000 per bulan yang dikalkulasikan dan diberikan tiap enam bu­lan senilai Rp900.000. Lalu pada 2017 insentif kembali dinaikkan menjadi Rp160.000 per bulan yang diberikan per enam bulan sekali menjadi Rp960.000,” bebernya.

Kemudian, lanjut Surman­syah, kenaikan nominal dana insentif per bulan per­nah ia dapatkan senilai Rp200.000 yang dikalkulasi­kan per enam bulan men­jadi Rp1,2 juta.

“Pada 2021, dana insentifnya Rp300.000 yang dikalkulasi­kan per enam bulan men­jadi Rp1,8 juta. Lalu, kenaikan dana insentif 2022 naik men­jadi Rp500.000, namun dibe­rikan per empat bulan se­kali yang dikalkulasikan jadi Rp2 juta,” ungkapnya.

Baca Juga  Pemkot Tangerang Uji Coba Bilik Disinfektan

Surmansyah menambahkan, apa yang sudah diterimanya akan dimanfaatkan semak­simal mungkin, terutama untuk sekretaris dan benda­haranya.

Sekadar diketahui, pencai­ran dana insentif RT/RW dan LPM yang diberikan per em­pat bulan sekali ini baru di­berlakukan Januari 2022. Tahun lalu dicairkan per enam bulan sekali. Kenaikan nominal juga terjadi jika di­bandingkan tahun-tahun sebelumnya.(rd/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *