Baru Dibeton, Jalan Janala-Lebakwangi Sudah Retak-Retak

by -
RETAK: Beton Jalan Janala—Lebakwangi mengalami retak-retak meski baru rampung dikerjakan

METROPOLITAN – Proyek tender di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) berupa rekonstruksi ruas Jalan Janala—Lebakwangi diduga tidak maksimal. Pa­salnya, baru beberapa hari rampung, sudah ada beber­apa titik betonisasi jalan yang retak memanjang dan dalam.

Dari papan proyek yang ter­pampang, proyek rekonstruk­si jalan tersebut menelan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor hampir Rp4 miliar. Proyek tersebut diker­jakan penyedia jasa CV Pe­sona Duta Karya dengan konsultan pengawas PT Na­suma Putra, selama 120 hari kerja dan berdasarkan SPMK dimulai 13 Juni 2022.

”Paling baru seminggu jalan ini dibeton tapi sudah ba­nyak yang retak dalam dan tembus memanjang. Padahal ini belum dilintasi kendaraan apa pun,” ungkap Yogi (43).

Sementara itu, pengawas teknik dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jem­batan Wilayah Leuwiliang, Oman, membenarkan adanya beberapa beton jalan yang retak memanjang.

Baca Juga  Kasihan! Per Bulan cuma Diupah Rp300 Ribu

”Sudah saya cek ke lokasi. Benar ada sekitar enam titik yang retak memanjang. Sudah kami catat dan berikan tegu­ran ke pihak penyedia jasa agar diperbaiki lagi,” ungkap­nya.

Oman menambahkan, proy­ek tersebut masih berjalan dan sudah tentu menjadi se­buah tanggung jawab pihak kontraktor guna perbaikan. Pihaknya mengaku terus akan mengawasi dan mengawal proses kegiatan proyek tender tersebut.

”Volume kegiatannya sepan­jang 860 meter, dengan sistem rabat beton. Sesuai SPMK, masih banyak waktu untuk dilakukan perbaikan. Ini ma­sih bagian tanggung jawab kontraktor,”jelasnya.

Sementara itu, Camat Rum­pin Ade Zulfahmi berharap seluruh pekerjaan proyek tender di wilayah Kecamatan Rumpin dikerjakan secara baik, maksimal, serta profe­sional. Hal itu agar hasil pe­kerjaan tidak merugikan warga.

Baca Juga  Pemdes Semplak Barat Getol Tarling

”Kami sifatnya hanya menga­wasi secara umum. Karena kalau teknis itu ada di UPT Jalan atau di Dinas PUPR. Saya berharap semua dikerjakan dengan baik dan hasil yang baik,” pungkasnya. (sir/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *