Bikin Melek Pasar Digital, Mahasiswa IBI Kesatuan Beri Pelatihan buat Ibu-Ibu UMKM Di Ciawi

by -

METROPOLITAN.id – Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa IBI Kesatuan melaksanakan kegiatan Pelatihan bagi ibu-ibu pelaku UMKM yang tergabung dalam Kelompok UPPKS Matahari RW 02 Desa Bitungsari di Balai Desa Bitungsari, Ciawi, Minggu (11/9).

Dengan mengusung tema ‘Pengembangan Usaha Melalui Perbaikan Sistem Tata Kelola, Peningkatan Kompetensi, Kewirausahaan dan Pemanfaatan Teknologi’.

Kegiatan tersebut merupakan program hibah pengabdian kepada masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Menurut, Ketua Pengusul Program Dr. Sutarti, selaku pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Desa Bitungsari.

Melalui perbaikan tata kelola, pengembangan kompetensi wirausaha dan keterampilan penggunaan teknologi, sambung dia, ibu-ibu pelaku UMKM dapat meningkatkan produktifitas usaha dan meningkatkan kapasitas usahanya.

Baca Juga  KNPI Kota Bogor Fokus Buat Pemuda Jadi Pengusaha

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan organisasi mitra akan dapat dikelola dengan baik.

“Begitupun usaha yang dikelola oleh anggota, dan anggota yang belum memiliki usaha dapat tergerak untuk berwirausaha karena tujuan organisasi mitra adalah organisasi yang mendorong dalam peningkatan pendapatan keluarga sejahtera. Serta meningkatnya pendapatan pada usaha kelompok mitra dengan adanya perluasan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga melibatkan tak kurang dari 70 peserta mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di IBI Kesatuan.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 70 orang peserta, dihadiri pula oleh Sekertaris Desa Bitungsari, Mulya Agung dan diisi oleh beberapa narasumber, yaitu Dr. Sutarti yang menyajikan materi mengenai tatakelola organisasi, Dr. Adil Fadillah yang memberikan materi tentang wirausaha dan Yanto Hermawan yang menyampaikan materi teknologi digital.

Baca Juga  PRT Ditemukan Tewas Gantung Diri

Para peserta menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh narasumber dengan antusias dan diiringi dengan beberapa pertanyaan.

Sekretaris Desa Bitungsari Mulya Agung memberikan apresiasi kepada IBI Kesatuan atas pembinaan yang telah diberikan kepada anggota kelompok UPPKS Matahari RW 02 di Desa Bitungsari.

“Semoga UPPKS ini dapat berkembang pesat dengan fasilitas teknologi yang dibina oleh IBI Kesatuan,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Heni Rosliah selaku Ketua Umum UPPKS Matahari RW 02. Ia bertemakasih dan penghargaan kepada IBI Kesatuan yang telah membantu anggotanya dalam mengembangkan usaha dan bantuan peralatan berupa dua unit laptop, satu unit printer dan alat tulis kantor.

Pada kesempatan itu, diserahkan pula bantuan peralatan untuk kelancaran pengembangan usaha berupa dua unit laptop, satu unit printer, kop surat dan amplop dengan logo UPPKS Matahari.

Baca Juga  Sampah Berserakan di Jalan Utama Ciseeng Bogor, Petugas Lakukan Operasi Bersih

Selain berupa peralatan, tim pelaksana menyerahkan hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat berupa terkait pelaksanaan digital.

Setelah kegiatan pelatihan selesai, program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilanjutkan dengan pendampingan unit UMKM yang tergabung dalam UPPKS Matahari oleh para fasilitator dari IBI Kesatuan.

Para pelaku UMKM tersebut akan dibina dan dibimbing untuk meningkatkan kapasitas usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital, diantaranya website dalam bentuk marketplace, Instagram marketing, Facebook Marketing dan TikTok.

Mereka juga dibina dan dibimbing untuk mengembangkan kemasan dan merk produknya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *