Desa Diminta Cepat Urus Pencairan Samisade, yang Belum Setor Lpj Siap-siap Terima Konsekuensi

by -

METROPOLITAN.id – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta kepala desa (kades) segera mengurus pencairan dana program Satu Miliar Satu Desa (Samisade). Desa yang belum menyerahkan laporan Pertanggungjawaban (Lpj) terancam tak bisa mencairkan bantuan keuangan infrastruktur desa tersebut.

“Kita berharap desa segera mengurus ya. Sejauh ini ada beberapa desa yang belum masuk, mungkin juga kami tidak cairkan kalau LPJ-nya tidak masuk,” ujar Iwan usai Rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Bogor, Kamis (29/9).

Menurutnya, hal tersebut merupakan konsekwensi yang harus diterima. Sesuai peraturan baru, salah satu syarat pencairan adalah kelengkapan Lpj.

“Konsekuensinya dari awal kan sesuai dngan laporan yang didapat oleh DPMD kalo desa tidak memberikan Lpj, kami tidak cairkan. Itu konsekuensi,” ungkapnya.

Baca Juga  Genjot BUMDES Demi Bangun Desa

Sementara itu, Kepala Bagian Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor Achmad Wildan mengatakan, sejauh ini baru sekitar 30 desa yang sudah lengkap persyaratan pencairan Samisade.

Ia pun mengaku sudah menyarankan DPMD agar segera melakukan percepatan pelaporan kepada BPKAD. Tujuannya, agar pencairan bisa segera dilakukan di sisa waktu yang ada.

“Kita dalam rapat sering menyarankan percepatan, sekarang yang dipenuhi persyaratannya baru 30-an desa, yang lainnya masih mengurus persyaratan pencairan,” terangnya.

Meski demikian, ia optimis anggaran Samisade bakal terserap maksimal oleh desa.

“Kita masih optimis mereka masih bisa menyelesaikan,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *