Disperumkim Matangkan Rencana Penempatan Patung Kapten Muslihat di Lokasi Baru

by -
Kepala Bidang Pengelolaan dan Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacki Faizal. (IST)

“Daerah situ kabel-kabelnya berantakan, ada yang crossing jalan dan lainnya. Nah kita minta dirapihin, atau direrouting lagi kabel-kabelnya. Supaya keliatan bersih dan rapih,”

————————————

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) tengah mematangkan rencana penempatan patung Kapten Muslihat.

Patung Kapten Muslihat sendiri diputuskan dipindah ke simpang Jalan Kapten Muslihat-Jalan Merdeka, setelah lokasi awal di Taman Topi atau Taman Ade Irma Suryani, dibangun menjadi Alun-Alun Kota Bogor beberapa tahun silam.

Namun di lokasi tersebut saat ini terlihat berantakan oleh jaringan utilitas atau kabel-kabel yang melintang diatas jalan.

Untuk itu, Disperumkim pun meminta stakeholder terkait untuk melakukan perapihan jaringan utilitas sebelum pemasang patung Kapten Muslihat yang baru.

Baca Juga  Perlu Ada Upaya Konkret Tangani Kemiskinan Ekstrem di Wiliayah

“Kami persiapan untuk nanti pemasangan patung Kapten Muslihat di lokasi itu. Kan daerah situ kabel-kabelnya berantakan, ada yang crossing jalan dan lainnya,” kata Kepala Bidang Pengelolaan dan Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacki Faizal kepada Metropolitan.id, Rabu (7/9).

Pihaknya pun melakukan rapat pembahasan mengenai rencana pemindahan jaringan utilitas lokasi penempatan patung Kapten Muslihat di Jalan Kapten Muslihat-Jalan Merdeka bersama instansi terkait.

Seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Telkom, Perumda Tirta Pakuan, PLN dan lainnya.

“Nah kita minta dirapihin, atau direrouting lagi kabel-kabelnya. Supaya keliatan bersih dan rapih,” tukas Irfan.

Baca Juga  Lampu Sein LED Tidak Murah

Pihaknya berharap perapihan dan peralihan utilitas di lokasi tersebut selesai sebelum pemasangan patung Kapten Muslihat yang baru.

Pembuatan patung Kapten Muslihat yang baru sendiri sedang dalam proses dan diperkirakan selesai pada November mendatang.

“Betul. Kamu berharap peralihan utilitas itu selesai sebelum kami memasang patung Kapten Muslihat yang baru. Dan memang ngga enak aja dilihatnya ya, banyak banget kabel crossing. Kalau rapih akan lebih bagus nanti,” ujarnya.

“(Pembuatan patung Kapten Muslihat yang baru) belum selesai. Ya semoga bisa selesai di November nanti,” tambah Irfan.

Diketahui, patung Kapten Muslihat yang ikonik di Taman Topi diputuskan untuk direlokasi ke simpang Jalan Kapten Muslihat-Jalan Merdeka.

Baca Juga  Sudah 90 Persen, Kereta Double Track Bogor-Sukabumi Diuji Coba pada Maret 2022

Patung lama akan diganti patung baru dengan bahan tembaga dan kualitas serta detail yang lebih baik. Patung lama sendiri sempat diputuskan untuk diberikan kepada ahli waris Kapten Muslihat yang ada di kawasan Panaragan, Kota Bogor. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *