Erling Haaland, SI monster Haus Gol

by -
SI MONSTER HAUS GOL!

METROPOLITAN – Man­chester City tampaknya sang­at puas dengan investasi be­sar mereka mendatangkan Erling Haaland di musim panas ini. Striker anyar mereka itu menjelma menjadi monster di lini serang mereka. Di mu­sim panas ini, Manchester City memutuskan mendatan­gkan striker baru. Mereka mengeluarkan uang sekitar 60 juta Euro untuk merekrut­nya dari Borussia Dortmund.

Sempat diragukan kualitas­nya, namun Haaland sukes membungkam kritik. Ia kini menjelma jadi mesin gol yang mematikan bagi The Citizens. Salah satu aksinya terlihat di kemarin malam. Ia berhasil mencetak satu gol saat City ditahan imbang Aston Villa dengan skor 1-1. Gol itu mem­buat Haaland layak menda­patkan predikat sebagai mons­ter haus gol. Mengapa de­mikian? Simak ulasannya di bawah ini.

Predikat monster ini memang sangat layak disematkan pada Haaland. Karena golnya ke gawang Aston Villa itu merupakan gol kesepuluhnya di EPL musim ini. Ia merupa­kan pemain EPL pertama yang berhasil menembus dua digit gol di musim 2022/23. Pesaing terdekatnya, Aleksandar Mit­rovic baru membuat enam gol saja dari enam laga. Yang lebih mengesankan lagi, sang striker sudah mengemas dua hattrick di lini serang City. Jadi ketajamannya benar-benar mematikan.

Baca Juga  Akhirnya... Fans Manchester United Bisa Senyum!

Ketajaman Haaland tidak hanya menjadikan penyerang paling tajam di Inggris. Ia saat ini menjadi striker tertajam di liga-liga Eropa musim 2022/23. Di lima liga top Er­opa, yaitu EPL, Serie A, La Liga, Bundesliga dan Ligue 1 belum ada satupun pemain yang sudah menembus dua digit gol. Sebagai contoh, di Italia, top skorer Serie A saat ini adalah Dusan Vlahovic yang baru mencetak empat gol. Top skor La Liga, Robert Lewandowski masih mence­tak 5 gol, top skor Bundesliga, Niclas Fullkrug baru menge­mas lima gol juga.

Yang paling mendekati ca­paian Haaland adalah Neymar. Bomber PSG itu baru mem­buat tujuh gol di Ligue 1, jadi ketajaman Haaland ini benar-benar mematikan. Melihat ketajaman Haaland, sang striker punya potensi besar untuk memecahkan rekor gol terbanyak dalam semusim di Premier League.

Baca Juga  Mahrez Jalani Pramusim Kelabu

Di Premier League, rekor gol terbanyak yang pernah dicetak seorang pemain ada­lah 34 gol. Rekor itu dibuat Andy Cole bersama New­castle di musim 1993/94 se­belum rekor itu disamai Alan Shearer di musim 1994/95 bersama Blackburn Rovers. Jika melihat progress Haaland saat ini, rasa-rasanya untuk melampaui 34 gol dalam satu musim sangat mungkin bisa diraih sang striker. Untuk bisa melalui rekor Cole dan Shearer itu ada sejumlah peluang dan tantangan yang harus dilalui Haaland.

Peluangnya adalah ia punya support sistem yang sangat bagus di City. Ia bermain ber­sama sejumlah gelandang kreatif seperti Kevin De Bruy­ne, Bernardo Silva dan Riyad Mahrez yang siap memberi­kan umpan-umpan manja baginya. Namun ada sejum­lah tantangan yang harus dihadapi Haaland. Yang pertama adalah faktor cedera, di mana mu­sim lalu ia punya riwayat cedera yang kurang oke dan itu bisa berpeng­aruh pada per­formanya di musim ini.

Baca Juga  Ngamuk, Benzema Borong Dua Gol

Tantangan ke­dua adalah jad­wal yang padat. Setelah ini Man­chester City akan bermain di empat kom­petisi yaitu EPL, FA Cup, Carabao Cup dan Liga Champions. Banyaknya pertandingan ini membuat fisik Haaland bakal terkuras dan itu bisa berpengaruh pada performanya. Apalagi Pep Guardiola adalah tipikal pelatih yang suka melakukan rotasi, jadi jam bermain Haa­land berpotensi berkurang dan itu berarti kansnya men­cetak gol juga berkurang. (bn/ suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.