Forkopimda Kabupaten Bogor Tinjau Lokasi Bencana Tanah Bergeser di Bojongkoneng, Prabowo Minta Kebutuhan Warga Terpenuhi

by -
JALAN RUSAK: Jalan utama ikut rusak atas bencana tanah bergerak di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor.

METROPOLITAN – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudi Susmanto, mengunjungi lokasi bencana tanah berge­ser di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jumat (16/9).

Rudy datang bersama Ka­polres Bogor AKBP Iman Im­manudin dan Kepala Baznas Kabupaten Bogor Lesmana. Sementara dari unsur pemerin­tah hadir Kepala Dinas Peru­mahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) serta Dinas Sosial Kabupaten Bogor. Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bogor juga masih bersiaga di lokasi bencana.

Dalam kesempatan itu, Rudy bersama rombongan memberikan bantuan dan melihat secara langsung lo­kasi bencana. Secara khusus, politisi Partai Gerindra itu juga menyampaikan amanat dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Pra­bowo Subianto, yang kedia­mannya tak jauh dari lokasi bencana.

”Kedatangan saya hari ini salah satunya memenuhi amanat dari Pak Prabowo Subianto didampingi kepala rumah tangga Prabowo, Pak Budi Waldjiman. Jadi, beliau (Prabowo, red) baru pulang kunjungan dari Maluku langs­ung atensi supaya ditengok kebutuhan masyarakatnya,” kata Rudy usai meninjau lo­kasi bencana, Jumat (16/9) siang.

Baca Juga  Siswa Punya Wawasan Siaga Bencana

Rudy Susmanto yang juga politisi Partai Gerindra itu mengakui bahwa lokasi ben­cana hanya berjarak bebera­pa ratus meter dari kediaman Ketua Umum Gerindra, Pra­bowo Subianto. Jadi, dia da­tang untuk memberikan bantuan kepada masyarakat serta memastikan kebutuhan warga dapat terpenuhi.

Rudy mengimbau masyara­kat di sekitar lokasi mengikuti instruksi yang diberikan pe­tugas. Terlebih, pergerakan tanah masih terus terjadi dan kian melebar.

”Melihat kondisi hari ini, saat intensitas hujan masih tinggi, saya mengimbau masyarakat tidak mendiami dulu rumah terdampak. Setelah tidak ada pergerakan akan kita evalu­asi lagi,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, berda­sarkan kajian awal, kondisi geologis tanah di Bojongko­neng cenderung labil. Ia juga meminta Badan Penanggu­langan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor segera membuat peta miti­gasi bencana serta mendata area yang bisa dijadikan pe­mukiman atau tempat relo­kasi.

Baca Juga  Prisia Nasution Diam-diam Sudah Menikah

Selain itu, Rudy memastikan bahwa Prabowo Subianto telah memberikan sejumlah bantuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. ”Pak Prabowo menyiapkan untuk pengungsi jika di pengung­sian tidak cukup. Hari ini juga mengirimkan sedikit bantuan sembako dan bebe­rapa akan dikirim kembali,” katanya.(eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *