Gara-gara BLT, Balai Kota Depok Digeruduk Massa

by -
AKSI: Relawan DKR Kota Depok melakukan aksi massa di Balai Kota Depok, Kamis (29/9). Aksi ini dilakukan karena masih banyak warga miskin yang belum terdata sebagai KPM BLT kompensasi kenaikan BBM bersubsidi.

METROPOLITAN – Masih banyaknya masyarakat misk­in Kota Depok yang belum mendapatkan Bantuan Langs­ung Tunai (BLT) imbas kenai­kan Bahan Bakan Minyak (BBM) bersubsidi, ratusan Relawan Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok beserta masyarakat miskin bakal mengadakan aksi mas­sa di balai kota, Jalan Raya Margonda, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, Kamis (29/9).

Aksi dimulai dari Simpang Ramanda. Relawan DKR Kota Depok melakukan long march hingga Balai Kota De­pok dengan dikawal pihak kepolisian. “Kita melihat ma­sih banyak warga Depok, khususnya mereka yang eko­nominya sulit, tidak menda­patkan BLT kompensasi ke­naikan BBM,” kata Roy Pang­harapan.

Padahal, Roy menegaskan, masyarakat tidak mampu pa­ling merasakan dampak dari kenaikan BBM bersubsidi tersebut. “Jadi, mereka-me­reka ini yang harus diperha­tikan. Mereka yang seharusnya mendapatkan BLT kompen­sasi kenaikan BBM. Di Depok masih banyak warga miskin yang belum dapat BLT,” ujar­nya.

Dari laporan yang didapat Relawan DKR di lapangan, ada beberapa penerima man­faat BLT yang tidak masuk kategori miskin.

Baca Juga  BLT UMKM Rp2,4 Juta Diperpanjang sampai 2021

“Mereka seharusnya masuk kategori mampu, tapi kenapa dapat BLT kompensasi kenai­kan BBM. Data ini yang harus dirapikan,” tegas Roy Pang­harapan.

Ia berharap basis data pe­nerima bantuan yang telah masuk ke Data Terpadu Ke­sejahteraan Sosial(DTKS) dapat diperbaiki, sehingga warga miskin dapat terbantu dengan menerima BLT kom­pensasi kenaikan BBM. “Se­gera akomodasi masyarakat miskin yang belum menda­patkan BLT BBM,” tegas Roy.

Ia pun meminta BPK dapat melakukan audit yang sebenar-benarnya agar anggaran yang dialihkan dari subsidi BBM tersebut benar- benar tepat sasaran. “Kita tentu ingin BLT tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah,” ucap Roy.(cky/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *