Ini Delapan Program Tim Bayangan Nadiem yang Diklaim Berhasil

by -

METROPOLITAN – Tim bayangan Mendikbudristek, Nadiem Makarim, mengklaim telah melakukan transfor­masi teknologi dalam dunia pendidikan. Sedikitnya ada delapan program transfor­masi yang telah dilakukan tim bayangan yang melekat dengan Kemendikbudristek tersebut.

”Melalui transformasi tek­nologi yang dilakukan Kemen­dikbudristek saat ini dampak yang bisa dirasakan secara langsung,” terang Kepala Pu­sat Data dan Informasi (Pus­datin) Kemendikbudristek, Hasan Chabibie.

Hasil dari transformasi tim bayangan Nadiem dari PT Telkom tersebut, yakni lebih dari 1,6 juta guru telah meng­gunakan platform Merdeka Mengajar yang membuka akses pada pengembangan diri secara lebih mandiri dan sesuai kondisi. Kemudian terbentuknya lebih dari 3.500 komunitas belajar para guru, terkumpulnya lebih dari 55 ribu konten belajar man­diri.

Kemudian lebih dari 92 ribu konten pembelajaran diung­gah guru untuk menginspi­rasi sejawatnya, terfasilitasinya pengembangan diri lebih dari 724 ribu mahasiswa melalui Program Kampus Merdeka.

Baca Juga  Nadiem Gelontorkan Lima Kebijakan Anyar

Selanjutnya yakni berga­bungnya lebih dari 2.700 mitra industri ke dalam Kam­pus Merdeka, bergabungnya lebih dari 43 ribu praktisi ke dalam program Praktisi Menga­jar. Selain itu, lebih dari Rp51 triliun potensi anggaran fungsi pendidikan tahun ang­garan 2022 dikelola secara lebih transparan dan akun­tabel transparan dengan du­kungan platform ARKAS, SIPLah, dan TanyaBOS.

”Dalam merancang dan mengembangkan berbagai platform teknologi untuk sek­tor pendidikan tersebut, ber­kolaborasi intensif dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemen­dikbudristek serta unit-unit teknis terkait dengan men­junjung prinsip kesetaraan dan gotong royong,” ujarnya.

Kerja sama tentunya dalam pelaksanaan riset, peran­cangan konsep hingga peng­embangan yang dilakukan secara kolaboratif terjadi transfer of knowledge dan peningkatan kapasitas SDM internal kemendikbudristek. (med/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *