Italia Runtuh Karena Angkuh

by -

METROPOLITAN – Italia hanya akan menjadi penonton di Piala Dunia 2022 meski berstatus juara Eropa tahun lalu. Menurut bek Francesco Acerbi, hal itu disebab­kan Gli Azzurri kurang ren­dah hati terhadap lawan yang dihadapi.

Usai menjuarai Euro 2020 pada Juli tahun lalu, performa Italia memang mero­sot. Di kualifi­kasi Piala Dunia 2022, mereka hanya menang sekali dan imbang empat kali dalam lima laga terakhir.

Akibatnya, Italia gagal lolos langsung ke Qatar se­telah hanya menjadi runner-up Grup C di bawah Swiss. Apesnya lagi, mereka tumbang 0-1 dari Makedonia Utara di babak playoff.

Akibatnya, Italia harus absen di Piala Dunia untuk kedua kali­nya secara beruntun. Pada edisi 2018 di Rusia, mereka juga tak ikut serta karena disingkirkan Swedia, juga di babak playoff.

Baca Juga  HART MENDAPATKAN SAMBUTAN MERIAH

Setelah kehancuran itu, Italia mulai ber­benah. Nama-nama lama yang dinilai tak lagi bisa berkontribusi pun diabaikan pe­latih Roberto Mancini. Wajah-wajah baru kemudian diberi kesempatan sebagai ba­gian dari regenerasi.

Sejauh ini, hasilnya tak buruk. Di UEFA Nations League, Italia tengah berada di posisi kedua dengan 8 poin dari 5 laga. Te­ranyar, mereka mengalahkan Inggris 1-0 berkat gol tunggal Giacomo Raspadori pada Sabtu (24/9) dini hari WIB.

Menyoal kemenangan atas The Three Lions, Acerbi mengaku timnya tampil ren­dah hati dan tidak meremehkan lawan, sehingga bisa menang. Sikap itu yang dini­lainya hilang seusai juara Euro 2020, se­hingga berakibat fatal pada Italia.

”Pertandingan (melawan Inggris) berjalan bagus. Kami ingin menunjukkan bahwa kami masih layak diperhitungkan,” ujar pemain Inter Milan itu kepada Rai Sport, dikutip Football Italia.

Baca Juga  BELANDA ATASI LUKSEMBURG 3-1

”Mereka (Inggris, red) punya banyak pe­main berkualitas, namun kami bisa mela­kukan pressing tinggi dan tampil solid se­bagai tim, dan itulah yang terpenting. Kami harus selalu rendah hati melawan tim-tim semacam ini. Kalau tidak, kami berisiko kalah dan itulah alasan kami absen di Pia­la Dunia,” jelas Acerbi. (dtk/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *