Jembatan Cicadas Ambruk, Warga Harus Memutar Sejauh 3 Km

by -
AMBRUK: Jembatan Cicadas ambruk lantaran tergerus Sungai Citeureup hingga memutus akses jalan dua dusun di Kampung Cicadas, Desa Babakanmadang, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, kemarin.

METROPOLITAN – Akses jalan dua dusun di Kampung Cicadas, Desa Babakanma­dang, Kecamatan Babakan­madang, Kabupaten Bogor, terputus akibat ambruknya Jembatan Cicadas lantaran tergerus Sungai Citeureup, kemarin.

Ambruknya Jembatan Ci­cadas yang menghubungkan Dusun 4 dan 3 itu terjadi pukul 07:00 WIB karena ada­nya pengikisan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sekretaris Desa Babakan­madang Yusuf Iskandar men­jelaskan peristiwa ambruknya Jembatan Cicadas di RT 01/04, itu dikarenakan adanya per­geseran tanah dan erosi lan­taran intensitas curah hujan yang tinggi hingga membuat Sungai Citeureup meluap sejak seminggu lalu.

”Jembatan ini dibangun tahun 2004, dan pernah dila­kukan rehabilitasi pada tahun 2011,” kata Yusuf Iskandar kepada wartawan.

Baca Juga  Ratusan PKL GBJ Akhirnya Digusur

Selain itu, tambahnya, Je­mbatan Cicadas merupakan akses jalan untuk anak-anak sekolah dari daerah Baba­kanjengkol, Desa Sumur­batu, yang bersekolah di SDN 06.

”Sebelumnya, pada Selasa (20/9), Kepala Desa Babakan­madang Deni Nugraha sudah meninjau jembatan ini guna antisipasi peristiwa ini,” ujar­nya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kabu­paten Bogor, Asep Awaludin, mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi pukul 07:00 WIB dikarenakan penahan bawah jembatan tergerus aliran sungai.

”Bersyukur kejadian setelah anak-anak sekolah sudah melintas dan tidak memakan korban jiwa,” ujarnya.

Arifin, warga setempat, ber­harap pemerintah segera membangun atau memper­baiki kembali Jembatan Ci­cadas yang ambruk.

”Saya berharap pemerintah segera memperbaiki Jemba­tan Cicadas, karena jembatan ini sebagai penghubung ke jalan utama. Dan dengan ambruknya Jembatan Cicadas, saya harus memutar jauh,” tandasnya. (din/suf/run)

Baca Juga  20 Tahun Terendam Air

Leave a Reply

Your email address will not be published.