Kabar Gembira! Gaji Guru PPPK bakal Cair Oktober

by -
UJIAN: Ujian seleksi kompetensi PPPK Guru 2021. Bulan depan gaji guru PPPK yang lolos tahun lalu bakal cair.

METROPOLITAN – Kemen­terian Pendidikan, Kebu­dayaan, Riset dan Tekno­logi (Kemendikbudristek) menjawab protes sejumlah guru honorer yang telah lo­los Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sejak 2021 namun belum menerima gaji.

Plt Dirjen Guru dan Te­naga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, menyebut gaji akan cair pada Oktober-November 2022.

Nunuk mengungkapkan, pencairan gaji baru dapat dilakukan karena terdapat rangkaian proses panjang. Selain itu, pencairan gaji sangat bergantung pada pe­merintah daerah (pemda).

”Guru tersebut baru me­nerima rapelnya pada Ok­tober atau November. Jadi, rapel itu tetap ada, karena gaji sudah Penjaminan Mu­tu Pendidikan (PMP) sesuai daerahnnya masing-masing,” kata Nunuk dalam Rapat Kerja dengan Komite III De­wan Perwakilan Daerah Re­publik Indonesia (DPD RI), kemarin.

Baca Juga  750 PELAJAR IKUTI TURNAMEN ‘SOB CUP XIV’

Nunuk menjelaskan, saat ini guru PPPK lolos seleksi pada 2021 masih dalam pro­ses pengangkatan. Guru-guru tersebut dinyatakan lulus pada November 2021.

”Jadi, ada anggapan guru jika sudah diumumkan lulus, mereka akan menerima gaji. Karena kemarin juga ada pertanyaan kepada kami, kok sembilan bulan gaji belum dibayarkan,” tu­tur Nunuk.

Nunuk menjelaskan, gaji mulai disediakan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) per Januari 2022 di pemda. Namun, pencairan gaji belum dapat dilakukan karena masih ada proses pemberkasan, ve­rifikasi dan validasi berkas oleh pemda hingga Maret 2022.

”Mereka baru diangkat pa­ling cepat oleh pemda pada April 2022. Namun berda­sarkan data kami, rata-rata pemda itu baru mengangkat pada Juni atau Juli 2022,” ujar Nunuk. (med/els/py)

Baca Juga  Wisudawan Wajib Tambah Soft Skill Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *