Masuk Musim Hujan, BPBD DKI Antisipasi Banjir

by -
BERSIAP: BPBD DKI Jakarta mulai melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi banjir musiman. Hal ini rutin dilakukan setiap tahun jelang musim penghujan. (Foto Istimewa)

METROPOLITAN – Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mulai siaga menghadapi mu­sim hujan 2022/2023. Berda­sar prakiraan yang dirilis BMKG mengenai musim hujan di Indonesia 2022/2023, seba­gian wilayah di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan mulai memasuki awal musim hujan pada dasarian kedua Oktober 2022.

Untuk wilayah lainnya dip­rediksi akan memasuki awal musim hujan pada dasarian ketiga November 2022. Se­dangkan puncak musim hu­jan diprediksi terjadi pada Januari-Februari 2023.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, menga­takan, pihaknya tengah me­nyiapkan berbagai antisipasi untuk menghadapi dampak bencana yang dapat ditim­bulkan dari musim hujan. BPBD DKI pun sedang men­data potensi sumber daya penanggulangan bencana di Jakarta.

“Kami sedang mendata seluruh elemen pentahelix (pemerintah, dunia usaha, lembaga/komunitas, akade­misi dan media massa) untuk dapat mengetahui peralatan pendukung yang dimiliki se­tiap unsur dalam penanggu­langan bencana, khususnya banjir dan kebakaran. Hal-hal yang didata, seperti jumlah perahu, tenda pengungsi, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hydrant, ambulans hingga tenaga medis yang dimiliki,” ujarnya di Kantor BPBD DKI Jakarta.

Baca Juga  Hujan Deras di Bogor, Tembok Perumahan Jebol Rusak Tiga Rumah

BPBD DKI Jakarta juga mengajak semua pihak ber­partisipasi aktif dalam pen­dataan sumber daya penang­gulangan bencana ini. Ia berharap BPBD dapat meme­takan dan mengorganisasi seluruh potensi sumber daya yang mendukung penang­gulangan bencana di Jakarta, sehingga dapat merespons kejadian bencana dengan efektif dan efisien.

“Kami berkoordinasi untuk menjalin kolaborasi dengan pemangku kepentingan ter­kait agar seluruhnya siap dan siaga menghadapi musim hujan tahun ini,” ungkapnya.(jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *