Ngarep Jadi Tuan Rumah Porprov 2026, Kota Bogor Bersaing dengan 6 Daerah se-Jabar, Dedie Rachim : Kita Punya Fasilitas Olahraga Mumpuni

by -

METROPOLITAN.id – Kota Bogor menjadi salah satu calon tuan rumah perhelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat ke-15 pada 2026 mendatang.

Tak hanya Kota Bogor, enam kota/kabupaten se-Jawa Barat pun masuk bursa tuan rumah Porprov 2026 bersama Kota Depok, Kabupaten Cianjur, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Subang.

Pemilihan tuan rumah Porprov 2026 akan diumumkan pasca digelarnya Porprov 2022, November mendatang.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan bahwa Kota Bogor siap menjadi tuan rumah Porprov 2026.

Hal itu diungkapkan saat mengikuti rapat kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 di Hotel Preanger, Kota Bandung, Rabu (7/9).

Baca Juga  Bangun Tugu Antikorupsi Dana Dikorupsi

Untuk mempersiapkan Porprov Jabar ke-15 Tahun 2026. Calon tuan rumah pun diminta untuk memaparkan kesiapannya.

“Kota Bogor tentu melakukan segala persiapan untuk mendukung suksesnya helatan tersebut,” katanya didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kepala Bappeda dan Ketua KONI Kota Bogor.

Sehingga, sambung dia, dapat menunjang seluruh rangkaian kegiatan pada Porprov 2026.

“Yang pertama, tentu kami sudah memiliki banyak fasilitas olahraga yang cukup memenuhi standar,” jelas Dedie.

Diantaranya, Kota Bogor sedang melakukan pembangunan enam stadion mini yang berada di masing-masing kecamatan.

Tahun ini, akan ada tiga diantaranya yang siap untuk menunjang Porprov.

Diluar itu, kata Dedie, Kota Bogor memiliki fasilitas pendukung lainnya. Seperti 21 rumah sakit yang memungkinkan bertambah, kampung atlet, hingga revitalisasi kawasan GOR Pajajaran yang nantinya bisa berkapasitas 20.000 penonton dan berstandar internasional.

Baca Juga  Sedih Bendera Dibakar, Atty Jahit Sendiri Atribut Kehormatannya

“Untuk GOR Pajajaran, Inpres-nya sudah selesai dan mudah-mudahan tahun ini ditandatangani Presiden. Dan bisa mulai dikerjakan tahun 2023 mendatang sehingga di 2025 atau awal 2025 bisa rampung,” tandasnya.

Ia menambahkan, Kota Bogor juga memiliki 15 hotel bintang satu dan dua, 24 hotel bintang tiga, 4 hotel bintang empat, dengan daya tampung 10 sampai 15 ribu dan kisaran harga yang worth it (terjangkau).

“Kita juga bekerja sama dengan PHRI,” ujar Dedie.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor juga berkomitmen untuk menyiapkan anggaran bantuan untuk terselenggaranya Porprov 2026 senilai Rp50 Miliar.

“Termasuk implementasi teknis yang juga ikut dilakukan,” tutupnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *