Pemkab Bogor Belum Siap Gunakan Mobil Listrik untuk Kendaraan Dinas

by -
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan. (Foto: Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Persiden Jokowi memang telah mengeluarkan instruksi untuk meminta seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) menggunakan mobil listrik untuk kendaraan dinas. Namun hal tersebut rupanya mendapatkan respon pesismis, seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meragukan jika rencana tersebut dapat berjalan mulus. Sebab, hingga saat ini belum ada persiapan yang dilakukan untuk merealisasikan instruksi presiden tersebut.

“Kita bisa membelinya, tapikan perlu ada persiapan yang dilakukan. Seperti tempat pengisian baterainya, lalu bengkelnya serta beberapa kesiapan pendukung lainnya,” kata Iwan.

Selain infrastuktur yang belum siap, kondisi jalanan di Kabupaten Bogor berbeda dengan kota atau kabupaten lainnya. Begitu juga dengan wilayahnya yang sangat luas, hal itulah dirasa mobil listrik dianggap tidak cocok digunakan di Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Dewan Sangsi Seluruh Desa Bakal Serap Anggaran Samisade Rp395 Miliar dalam Tiga Bulan

“Kalau wilayah perkotaan mungkin cocok, bogor inikan luas. Untuk merealisasikan penggunaan mobil listtik kita harus membuat lokasi pengisian baterai nantinya disejumlah wilayah, karena saat ini belum ada,” paparnya.

“Kalau hanya untuk pengadaan bisa saja dilakukan, tapi ada faktor lain yang harus diketahui adalah bagaimana setelah pembelian atau pengadaan unit kendaraan listrik itu dilakukan,” kata dia.

Iwan mengungkapkan, pelayanan pasca penjualan kendaraan listrik di Kabupaten Bogor belum memadai jika dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Jika pengadaan mobil listrik diharuskan 1 atau 2 unit dipastikan hanya jadi pajangan saja karena kebutuhan kendaraan dinas di kabupaten Bogor cukup banyak,” ungkapnya. (mam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *