Pendaftaran Ditutup, 117 Orang Berebut jadi Panwascam Kota Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor secara resmi menutup proses pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) pada Selasa (27/9).

Sebanyak 117 orang mendaftarkan diri untuk berebut menjadi 18 Panwascam terpilih yang bertugas di enam kecamatan yang ada di Kota Bogor.

Adapun rincian peserta yang mendaftar Panwascam sendiri terdiri dari 76 laki-laki dan 41 perempuan.

Ketua Bawaslu Kota Bogor, Yustinus Elyas Mau mengatakan, tahapan pendaftaran telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Bawaslu pusat.

“Jadwal sesuai dengan Bawaslu Pusat, tanggal 21-27 September kemarin ditutup. Kita dapat 117 orang pendaftar,” kata Yustinus kepada wartawan, Kamis (29/9).

Yustinus menyampaikan ratusan pendaftar itu akan memasuki seleksi adminitratif berupa kesesuaian berkas, sesuai syarat menjadi pengawas pemilu tingkat kecamatan.

Baca Juga  Cianjur Kembali Diterpa Gempa Susulan 3,9 M, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Dalam proses perekrutan sendiri, dilanjutkan Yustinus, dari total enam kecamatan yang ada di Kota Bogor, maka akan ada tiga orang pengawas di masing-masing kecamatannya. Mereka akan bertanggungjawab mengawasi jalannya pemilihan umum pada tahun 2024.

Yustinus menjelaskan pada tahap seleksi administratif, Bawaslu akan menyeleksi berkas berupa surat lamaran, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, pas foto warna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak tiga lembar latar belakang merah.

Kemudian, fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang atau dapat menyampaikan fotokopi ijazah tanpa dilegalisir dengan menunjukan ijazah asli, daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau Puskesmas.

Selain itu, surat keterangan sehat rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika dari rumah sakit pemerintah termasuk Puskesmas yang dapat disampaikan sebelum pelantikan, surat izin dari atasan langsung bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baca Juga  CATHY SHARON CS SERBU RUMAH AHOK

Dari 117 yang telah mendaftar, setelah seleksi administrasi selesai lanjut mengikuti tes tertulis menggunakan metode computer assisted test (CAT) yang akan dilaksanakan pada 16 Oktober 2022.

Pendaftar yang lolos tes tertulis nantinya akan diumumkan pada 17 Oktober untuk selanjutnya mengikuti tes wawancara pada 18 sampai 22 Oktober 2022. Setelah itu, mereka yang terpilih menjadi panwascam Bawaslu Kota Bogor akan diumumkan pada tanggal 25 Oktober 2022.

“Kami siapkan prosesnya sesuai tahapan. Dan proses terus berjalan,” tandasnya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *