PKB dan Gerindra Kompak Tutup Pintu untuk Anies

by -
SIAP MAJU: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan siap maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Merespons hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid, meragukan ada partai politik yang ingin mengusung Anies Baswedan untuk melanggeng pada kontestasi Pilpres 2024.

METROPOLITAN – Guber­nur DKI Jakarta, Anies Baswe­dan, menyatakan siap maju sebagai Calon Presiden (Ca­pres) 2024. Orang nomor satu di Jakarta itu siap ikut kontestasi apabila ada partai politik yang mengusungnya pada Pilpres 2024.

Merespons hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Kebang­kitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid, meragukan ada par­tai politik yang ingin mengus­ung Anies Baswedan untuk melanggeng pada kontestasi Pilpres 2024. Namun, Jazilul mengapresiasi sikap tegas Anies yang ingin maju pada Pilpres 2024.

“Tentu itu hak Pak Anies ya untuk mencalonkan menjadi calon presiden, tapi tidak mudah untuk mencari partai yang nanti akan mengusung Pak Anies,” kata Jazilul ke­pada wartawan, Senin (19/9).

Baca Juga  Anies bakal Tindak Perusahaan yang Paksa Karyawan Ngantor

Pria yang karib disapa Gus Jazil ini mengamini, Anies memang sosok yang menarik perhatian parpol. Namun, ia menilai peluang Anies untuk diusung parpol sebagai capres sangat kecil. Apalagi untuk diusung Partai Gerindra dan PKB.

Menurutnya, peluang Anies juga sangat kecil lantaran ke­dua partai telah berkomitmen terkait capres-cawapres us­ungan masing-masing. “Kalau PKB dan Gerindra itu sudah memilih komitmen terkait calon presiden dan wakil pre­siden itu dibahas oleh Pak Prabowo (Subianto) dan Gus Muhaimin (Iskandar),” tegas Gus Jazil.

Meski demikian, Gus Jazil tak mempermasalahkan ke­siapan Anies untuk menjadi capres. Ia menyebut partisi­pasi Anies pada Pilpres 2024 justru menjadi bagian dari kehangatan pesta demokrasi lima tahunan.

Baca Juga  Relawan Anies di Bogor Gerilya ke Akar Rumput, Target 3000 Pendukung Ikut Gabung

“Jadi munculnya Pak Anies jadi calon presiden nggak ada masalah buat PKB, meskipun kami tidak terlalu yakin apakah Pak Anies nanti ada partai yang akan mengusungnya,” ucap anggota Komisi III DPR RI ini.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, me­nyatakan siap mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2024 jika ada partai yang siap meminang dirinya untuk dijadikan capres. “Saya siap mencalonkan diri seba­gai presiden jika ada partai yang mencalonkan saya,” kata Anies, Kamis (15/9).

Orang nomor satu di DKI itu mempercayakan kepada para ahli dalam tubuh partai poli­tik untuk menentukan capres yang akan diusung dalam Pe­milu 2024. Ia yakin bahwa partai-partai tahu betul ter­kait capres yang mampu me­mahami kepentingan bangsa.

Baca Juga  Heboh Anies Sandi Bagi-Bagi Sembako Dilaporkan ke Bawaslu

“Kita lihat dan percaya par­tai-partai politik ini akan mengedepankan kepenting­an bangsa, kepentingan ne­gara dalam menyusun koa­lisi dan dalam mereka nanti menentukan calon-calonnya,” terangnya.

Sekadar diketahui, hingga kini nama Anies masuk dalam bursa Capres Partai Nasdem. Selain Anies, ada pula nama Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa. Selain itu, ia sempat diharapkan DPD Demokrat DKI sebagai cawapres men­dampingi Agus Harimurti Yudhoyono.

Namun sampai saat ini be­lum ada keputusan final yang resmi dari partai-partai ter­sebut untuk meminang Anies Baswedan sebagai capres ataupun cawapres pada Pe­milu 2024. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.