Puan-Cak Imin Buka Peluang Koalisi

by -
ZIARAH: Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berziarah ke makam Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9).

METROPOLITAN – Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maha­rani bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ber­ziarah ke makam Taufiq Kie­mas. Pertemuan tersebut sekaligus membuka sinyal kerja sama antara PDI Perju­angan dengan PKB untuk Pemilu 2024.

Puan dan Muhaimin mem­baca Yasin dan tahlilan saat mendoakan Taufiq Kiemas di makamnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9).

Muhaimin Iskandar diketa­hui punya kedekatan dengan ayah kandung Puan tersebut sejak masih muda. Baik Puan maupun Muhaimin yang akrab disapa Cak Imin sama-sama didampingi jajaran partai masing-masing. “Alhamdulil­lah, kita sudah sama-sama melakukan tahlil, Yasin, ihk­tiar aswaja untuk mendoakan almarhum Pak Taufiq Kiemas,” kata Puan.

Usai berziarah, Puan dan Cak Imin berjalan kaki menu­ju tempat makan Pecel Pincuk di area kompleks TMP Kali­bata. Kedua pimpinan DPR itu sempat duduk terpisah dengan jajaran partainya dan berbincang serius.

Baca Juga  Airlangga Boyong 34 Ketua DPD I ke Istana

Menurut Puan, dirinya dan Cak Imin sudah seperti sau­dara, karena telah berjuang sejak masa orde baru. “Kami berdua kenalnya dari SMA, mahasiswa dan sampai di sini sebagai ketua DPR dan wakil ketua DPR. Kami ber­harap pertemuan ini akan membawa berkah, keber­samaan sebagai saudara,” tuturnya.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR RI itu menambahkan, dirinya bersama Cak Imin sering ber­tukar pikiran. Puan menegas­kan, pertemuan hari ini juga masih seputar bagaimana ke depan membangun bangsa ini lebih baik

“Sekarang sudah bersama, cuma harapan itu (ke depan, red) lebih bisa bersama-sama. Dan tentu saja pertemuan ini seperti yang sudah saya sam­paikan di pertemuan lalu, dengan Nasdem, Gerindra, harapannya adalah bagai­mana ke depan kita bisa sama-sama mencari pemikiran, membangun bangsa. Bukan hanya di kontestasi 2024, tapi justru pasca kontestasi 2024,” jelas Puan.

Baca Juga  Ramai Jadi capres, Ini Kata GMNI Terkait Sosok Puan Maharani

Puan menyatakan, perte­muan ini menjadi pembuka kemungkinan kerja sama PDIP dan PKB pada Pemilu 2024. Apalagi, dirinya dan Cak Imin maupun PDIP dan PKB sudah memiliki hubungan serta ker­ja sama yang baik sejak lama.

“Sebagai saudara, pastinya kita tetap menyadari kapan waktunya bertanding, kapan waktunya bersaing. Itu yang paling penting. Jadi karena masih satu tahun saya rasa masih bisa terus terbangun, terbuka, untuk menyamakan visi-misi, cita-cita,” jelas Puan.

Sementara itu, Cak Imin menyampaikan, ikut berzia­rah dengan Puan, karena al­marhum Taufiq Kiemas sudah dianggap sebagai ayahnya sendiri. Karena sejak masih menjadi aktivis, Cak Imin ikut memperjuangkan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di masa orde baru.

Baca Juga  WOW... ANAK ATUT PALING TAJIR

“Pak Taufiq Kiemas (TK) setiap hari memberi kami gagasan, ide, akhirnya se­perti ayah sendiri. Bahkan ketika kami butuh apa, SPP kurang, Pak TK yang bantu. Bahkan terakhir saya mau ngelamar istri saya nggak pu­nya duit, minta Pak Taufiq Kiemas. Jadi itu orang tua kami betul,” terang Cak Imin.

Cak Imin juga mengharap­kan bisa terus berkoalisi dengan PDIP. Meski PKB telah menyepakati kerja sama dengan Gerindra untuk Pe­milu 2024, dinamika politik masih bisa berkembang.

“Semoga ini yang menjadi jalan dan perjalanan koalisi masih satu tahun. Semoga ada rintisan-rintisan terus, per­kembangan akan dinamis. Yang jelas, kita berharap PDIP bisa terus bareng PKB se­perti sekarang,” pungkasnya. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *