Puan Pede PDIP Punya Capres dan Cawapres Pilihan Sendiri

by -
SIAP: Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, menyatakan partainya siap memiliki capres sendiri dalam gelaran Pilpres 2024.

METROPOLITAN – Perole­han suara PDI Perjuangan (PDIP) pada Pemilu 2019 telah memenuhi ambang ba­tas pencalonan presiden atau presidential threshold. Oleh karena itu, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, menyatakan partainya siap memiliki capres sendiri dalam gelaran Pilpres 2024.

“PDI Perjuangan kan punya tiket sendiri, sudah mencu­kupi. Suaranya PDI Perjuangan juga sudah bisa maju,” kata wanita yang merupakan ketua DPR RI itu.

Hal tersebut disampaikan Puan saat menjawab perta­nyaan awak media usai men­anam padi dan berdialog bersama petani di Desa Adat Sedang, Abiansamel, Badung, Bali, Rabu (28/9).

Berdasarkan Undang-Un­dang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan par­tai politik atau gabungan par­tai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan pe­rolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu sebe­lumnya.

Baca Juga  Siapkan Program Sinergis Dengan Ojol

Dalam Pileg 2019, PDI Per­juangan berhasil memperoleh 27.503.961 suara yang kemu­dian dikonversikan menjadi 128 kursi DPR RI. Jumlah kursi PDI Perjuangan di DPR lebih dari 20 persen yang menjadi syarat ambang batas capres.

Oleh karena itu, menurut Puan, PDI Perjuangan siap memiliki calon presiden. Se­kalipun tanpa berkoalisi dengan partai lain, PDIP mampu mengusung pasangan capres-cawapres sendiri. “Tentu sesuai jumlah suara yang ada, PDI Perjuangan siap memiliki calon presiden,” ujar Puan.

Meski begitu, bukan berarti PDI Perjuangan tidak akan bekerja sama dengan partai-partai lainnya di Pilpres men­datang. Puan mengatakan, PDI Perjuangan membuka ruang kepada partai mana pun untuk berkoalisi apabila memiliki kesamaan visi dan misi.

Baca Juga  Suksesi Pilkada Jakarta, DID Garap Pemilih Pemula

“PDI Perjuangan partai yang siap berkomunikasi, mem­buka ruang dan bersilatu­rahmi. Harapannya nanti pada waktunya akan ada teman untuk bersama-sama menu­ju 2024,” tutur perempuan pertama yang menjabat se­bagai ketua DPR RI tersebut.

Puan sendiri mendapatkan tugas dari Ketum PDI Perju­angan, Megawati Soekarno­putri, untuk bersafari politik bertemu pimpinan-pimpinan partai. Sebelumnya, ia telah mengadakan pertemuan dengan Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum Gerindra Pra­bowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Bahkan, Cak Imin telah mengisyaratkan siap men­jadi pendamping Puan seba­gai wakilnya, apabila cucu Bung Karno itu mendapat amanat dari PDI Perjuangan untuk maju sebagai capres.

“Ya kan itu semuanya siap untuk bisa ikut kontestasi 2024. Kita doakan semua siap untuk bisa maju,” sebut Puan.

Baca Juga  Sanksi Anas Bikin Panas

Saat ditanya apakah sudah memiliki kandidat bakal calon pendampingnya, Puan me­nyatakan sudah memiliki pandangan. “InsyaAllah pu­nya lah,” tutup mantan Men­ko PMK itu. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *