Punya Potensi Dongkrak Perekonomian, Menko Airlangga Dukung Industri Olahraga Mendunia

by -

METROPOLITAN.id – Pengembangan sektor olahraga terus mendapatkan dukungan dari Pemerintah dan diharapkan menjadi bagian penting dalam sistem pembangunan nasional. Hal itu diutarakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Hal tersebut juga seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan bahwa olahraga merupakan industri yang cakupannya sangat luas.

Industri olahraga tidak hanya terkait dengan industri event namun juga termasuk industri apparel atau clothing line, perlengkapan olahraga, hingga broadcasting dan commercial.

Dengan demikian, sektor olahraga juga memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu pendongkrak perekonomian dan mengembangkan sport tourism nasional.

Dalam menentukan arah kebijakan pembinaan keolahragaan nasional dalam jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan, Pemerintah telah menetapkan 12 cabang olahraga unggulan ke dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2021.

Baca Juga  Gegara Rokok, 3 Rumah di Kampung Mongol Bogor Ludes Terbakar

Lebih lanjut, wushu merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam DBON dan penetapannya dilakukan berdasarkan kajian akademisi, pakar, dan praktisi olahraga dengan melihat perkembangan prestasi wushu Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2021.

Selain itu, wushu yang merupakan olahraga yang mengandalkan teknik, kecepatan, dan akurasi juga terus dipersiapkan untuk menghadapi event olahraga kompetitif di berbagai level termasuk kejuaraan dunia.

Dalam penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya, Selasa (20/09), Menko Airlangga yang berkesempatan hadir juga menyampaikan bahwa Kejurnas tersebut menjadi ajang uji prestasi bagi para atlet wushu junior.

“Kejurnas ini menjadi persiapan menuju kejuaraan dunia junior wushu yang akan diselenggarakan di bulan Desember di Bumi Serpong Damai Tangerang dan itu akan diikuti oleh 70 negara,” ujar Menko Airlangga.

Baca Juga  Sempat Dijamuri PKL, Pedestrian Jalan Pengadilan Bogor bakal Direvitalisasi

Menko Airlangga yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia mengungkapkan bahwa Kejurnas selalu diselenggarakan setiap tahun. Namun saat pandemi Covid-19 melanda, Kejurnas tidak selenggarakan secara fisik hanya secara virtual.

Ajang Kejurnas Wushu 2022 yang memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia tersebut berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 September 2022 dan diikuti oleh 450 atlet dari 20 provinsi dengan mempertandingkan nomor Taolu, Sanda dan Kungfu.

Selain Piala Presiden, Kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia dan Piala Menpora.

“Jadi saya harap event ini dapat menjadi tempat mengasah latihan. Saya minta seluruhnya untuk jaga sportivitas, jaga kesehatan, jaga protokol kesehatan. Siapapun yang akan jadi juara umum, jangan terlena dan terus berprestasi dan yang paling penting adalah konsistensi,” pungkas Menko Airlangga. (ryn)

Baca Juga  Ke Jepang, Menko Airlangga Dorong Kepentingan Indonesia soal Kerja Sama Ekonomi hingga Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published.