Raih Sembilan Medali Emas, Jabar Juara Umum O2SN

by -
JUARA: Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menerima Piala O2SN 2022.

METROPOLITAN – Olim­piade Olahraga Siswa Nasional Tingkat Nasional (O2SN) 2022 rampung digelar Jumat (9/9). Pada O2SN tahun ini, Pro­vinsi Jawa Barat (Jabar) ber­hasil keluar sebagai juara umum.

Seperti diketahui, O2SN ada­lah olimpiade siswa pada semua jenjang. Mulai dari SD/Mad­rasah Ibtidaiyah (MI), SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMA/Madrasah Aliyah (MA), SMK hingga Pendidikan Khu­sus/Luar Biasa (SDLB/SMPLB).

Setelah merampungkan ber­bagai cabang olahraga, Jabar sukses keluar sebagai juara umum dengan mendulang sembilan medali emas, lima perak dan lima perunggu.

Menyusul di peringkat kedua, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) meraih dua emas, lima perak dan lima perunggu. Lalu di peringkat ketiga, Provinsi Jawa Timur meraih dua emas, satu perak dan enam perunggu.

Baca Juga  Tim Voli SDN Kaumsari Terbaik di Bogor Utara

Gelaran O2SN 2022 mem­pertandingkan sembilan ca­bang olahraga, yakni pencak silat dan karate untuk jenjang pendidikan dasar dan men­engah (dikdasmen). Kemu­dian tolak peluru, bocce, tenis meja, bulutangkis, basket, balap kursi roda serta lompat jauh tanpa awalan untuk jen­jang pendidikan khusus (dik­sus).

Adapun total medali yang diperebutkan dalam O2SN 2022 berjumlah 50 medali, dengan rincian 17 medali emas, 13 medali perak dan 20 med­ali perunggu.

Atas prestasi para siswa Jabar, Kepala Dinas Pendidikan (Ka­disdik) Jabar, Dedi Supandi, turut mengapresiasi siswa. ”Selamat kepada seluruh siswa yang berhasil mengha­rumkan nama Jabar di kancah nasional. Semoga ini menjadi inspirasi bagi siswa lainnya,” ujar kadisdik seperti dikutip dari laman Instagram Disdik Jabar, kemarin.

Baca Juga  Ribuan Pelajar Siap Meriahkan O2SN

Dedi berharap, sesuai tema 02SN tahun ini, yaitu Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat, maka kesuksesan yang diraih atlet asal Jabar tak hanya harus dipertahankan, melainkan terus dikembangkan hingga dapat berprestasi di ajang skala internasional.

”Ke depan, saya sangat ber­harap terus bermunculan generasi unggul dari Jabar di bidang olahraga, yang tak ha­nya mengharumkan nama kota ataupun provinsi. Namun semangat ini harus tetap di­jaga agar mereka kembali menunjukkan prestasi di even-even internasional,” harapnya. (*/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *