Rekrutmen PPPK Solusi Kekurangan Guru

by -
Guru: Ilustrasi kegiatan mengajar di sekolah. Saat ini Kemendikbudristek menyiapkan pola rekrutmen PPPK sebagai solusi kekurangan guru di tanah air.

METROPOLITAN – Sekre­taris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidi­kan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tek­nologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani, menyatakan, rekrutmen Pegawai Pemerin­tah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru menjadi solusi dari kekurangan guru di Tanah Air. Ia menilai skema PPPK dengan cepat menutup ke­kurangan guru.

”Berdasarkan jumlah siswa, rombongan belajar dan dist­ribusi satuan pendidikan kami membutuhkan 2,4 juta guru. Dan dengan skema PPPK yang dijalankan pada 2021 kemarin saja itu sangat cepat ya sudah ada 724 ribu guru yang bisa memenuhi itu dengan status sebagai ASN,” tutur Nunuk, kemarin.

Ia yakin bila skema PPPK terus dijalankan, angka ke­cukupan guru di Indonesia cepat tercapai. Selain itu, se­makin banyak guru berstatus sebagai Aparatur Sipil Ne­gara (ASN). ”Tentunya ini berkaitan dengan kesejahte­raan mereka juga,” tutur Nu­nuk.

Saat ini, pihaknya tengah berkoordinasi dengan sejum­lah kementerian untuk mem­buat pola baru dalam PPPK. Ia menyebut akan ada pola terbuka dan tertutup dalam seleksi guru ASN ke depan.

Baca Juga  50 Guru Jalani Workshop Pendidikan Inklusif

”Yang tertutup kami akan seleksi dari kelas yang sudah diisi guru non-ASN, artinya sudah ada guru di situ. Ke­mudian seleksi terbuka untuk rombongan belajar yang mem­butuhkan guru,” ujarnya. (med/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.