Sebulan Terakhir 100 Kecelakaan Terjadi di Kabupaten Bogor, Motor Paling Mendominasi

by -
Ilustrasi

METROPOLITAN.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor mencatat dalam sebulan terakhir setidaknya ada 100 peristiwa kecelakaan yang terjadi diseluruh wilayah Kabupaten Bogor. Kendaraan roda dua atau motor rupanya mendonominasi sejumlah kecelakaan tersebut.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana mengatakan, titik rawan terjadinya kecelakaan di Kabupaten Bogor diantaranya Kecamatan Cileungsi, Cibinong, Ciawi, dan Parung Panjang.

“Di bulan ini memang ada peningkatan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Bogor. Seperti disampaikan, peningkatan ini kurang lebih sudah terjadi hampir 100 kecelakaan,” kata dia.

Faktor menyebab kecelakaan sendiri, lanjut Ketut, adalah faktor manusia, faktor jalan, faktor sarana dan prasarana, serta faktor cuaca. Namun faktor kesadaran masyarakat yang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas menjadi faktor utama.

Baca Juga  Reza Rahadian Enggak Masalah Jadi Pemeran Pendukung

“Yang paling sering adalah faktor manusia sendiri. Seperti menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm dan beberapa yang lainnya. Dan dengan banyaknya kejadian tersebut maka kita sosialisasikan keselamatan berkendara,” paparnya.

Kecelakaan yang terjadi didominasi kendaraan roda dua. Dengan faktor utamanya adalah pelanggaran lalu lintas. Sebab awal terjadi kecelakan acap kali berawal dari pelanggaran lalu lintas.

“Sejumlah cara akan dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan di titik rawan tersebut. Cara tersebut di antaranya pemasangan rambu-rambu dan banner. Harapannya, pengendara bisa lebih berhati-hati saat melintas,” ungkapnya. (mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *