Sekda Ingin Pramuka Mampu Cetak Kader Bangsa yang Tangguh

by -
TANAM: Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menanam pohon saat pengukuhan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor tahun 2022 di Bumi Perkemahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Minggu (18/9).

METROPOLITAN – Pramu­ka Kwarcab Kabupaten Bogor lakukan pengukuhan Pramu­ka Kwarcab Kabupaten Bogor tahun 2022 yang dihadiri langs­ung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin. Pengukuhan berlangsung di Bumi Perkemahan Ciman­dala, Kecamatan Sukaraja, Minggu (18/9).

Dalam kesempatan itu, Sek­da Kabupaten Bogor Burha­nudin meminta agar seluruh anggota Pramuka Garuda mampu berperan aktif men­darmakan diri kepada masy­arakat di mana pun dan men­jadi wadah dalam mencetak kader bangsa yang tangguh, tanggon, dan trengginas.

”Kegiatan hari ini saya apre­siasi atas nama pemkab, ten­tunya apa yang sudah di­canangkan ketua kwarcab dan jajaran, ingin mencetak 10 ribu kader Garuda bisa ter­capai. Kami harap dengan aktivitas ini jadi sarana untuk mencetak kader bangsa yang tangguh, tanggon, dan treng­ginas. Sehingga ke depan kader bangsa lahir dari Ka­bupaten Bogor, khususnya dari keanggotaan Ppramuka,” tegas Burhanudin.

Baca Juga  Ratusan Pelajar Ikuti Pramuka Peduli

Saat ini anggota Pramuka Garuda Kwarcab Kabupaten Bogor tahun 2022 berjumlah 2.284 orang dan Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor akan melaksanakan pembinaan dan pengembangan untuk mencapai 10 ribu ang­gota Pramuka Garuda.

Burhanudin menyatakan, kini untuk kesekian kalinya membuktikan target-target itu sedang dilaksanakan. Mudah-mudahan bisa tercapai dan melampaui terget. Dengan adanya pengukuhan Pramuka Garuda ini sebagai kasta ter­tinggi pencapaian prestasi, serta kemampuan para ang­gota pramuka.

”Selamat atas dilantiknya anggota Garuda Kwaran Cabang Kabupaten Bogor semoga se­tiap anggota mampu berperan aktif dalam segala kegiatan saka dan setia dengan suka­rela mendarmakan diri ke­pada masyarakat di mana pun di setiap saat bila diperlukan,” tuturnya.

Perlu diketahui bahwa pembangunan dan pendidikan generasi muda merupakan investasi masa depan untuk mencetak sumber daya ma­nusia yang unggul dan berka­rakter sebagai penerus pera­daban dan penentu kemajuan bangsa.

Baca Juga  50 Anggota Ikuti Rekrutmen Pramuka Peduli

Bahkan, hingga kini gerakan pramuka masih dinilai mam­pu dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter bagi para pemuda, karena berbagai aktivitasnya yang mengajarkan nilai-nilai kemandirian, tang­gung jawab, kejujuran, disiplin, toleransi, kepedulian, dan kreativitas yang dikemas dalam kegiatan yang menantang dan menyenangkan.

Menurutnya, pemberian penghargaan berupa kecaka­pan sebagai lambang kehor­matan kemandirian kekuatan diharapkan akan semakin memotivasi dan menjadi ke­banggaan yang akan mening­katkan kiprah dan prestasi para anggota pramuka, baik siaga, penggalang, penegak, dan pandega dapat mencapai tingkat tertinggi.

”Tentunya kita akan mendo­rong agar Pramuka Garuda menjadi salah satu bentuk prestasi. Sehingga lembaga pendidikan dapat membuka akses melalui jalur prestasi, khususnya bagi Pramuka Ga­ruda,” terangnya.

Ia meminta kepada ketua kwarcab, panitia, dan seluruh jajaran agar pembinaan pramu­ka harus dilakukan terus-menerus dan berkesinam­bungan, serta rutin lakukan evaluasi agar setiap program dikaitkan dengan kondisi ke­kinian.

Baca Juga  Bupati Ajak Pemuda Kreatif Mendorong Pembangunan Kabupaten Bogor

”Saya kira Kwarcab Kabupa­ten Bogor sudah punya grand desain bagaimana pembina­aan dari tahun ke tahun, dari kepemimpinan ke kepemim­pinan tidak terputus. Karena wadah pramuka ini iInsya Allah akan mampu menjawab tantangan ke depan dalam kondisi dan perubahan apa pun.Tetapi pramuka harus jaya, harus berada di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Burhanudin juga mengaku berterima kasih dan penghar­gaan setinggi-tingginya atas kiprah pramuka, terutama dalam menghadapi masalah di Kabupaten Bogor seperti masalah bencana alam dan nonalam.

”Teruslah berkarya, kegia­tan pramuka harus terus ter­tanam di jiwa kita dan betul-betul dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” tun­tasnya. (*/eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.