Ulang Tahun ke-72, PSB Bogor Luncurkan Logo Baru

by -

METROPOLITAN.id – Menginjak usia ke-72, klub sepakbola kebanggan warga Kota Bogor, Persatuan Sepakbola Bogor (PSB) rupanya tengah berevolusi menjadi lebih profesional.

Selain punya manajemen baru, klub berjuluk Laskar Pakuan itu bakal punya logo baru. Hal itu diungkapkan Manajer PSB Bogor Alfie Radithya Ferdian.

Logo lama PSB, yang kental dengan lambang Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, disulap menjadi lebih fresh dan kekinian namun tetap mengutamakan ciri khas Kota Hujan.

“Selama 72 tahun atau sejak 1950 kan belum ganti logo. Sedangkan klub-klub besar di banyak negara itu sudah belasan kali ganti logo mengikuti perkembangan zaman. Artinya kita juga harus mengikuti zaman dan berevolusi,” kata pria yang karib disapa Adit itu kepada Metropolitan.id, Rabu (21/9).

Baca Juga  Sudah 90 Persen, Kereta Double Track Bogor-Sukabumi Diuji Coba pada Maret 2022

 

Diketahui, perubahan logo ini akan secara resmi diluncurkan di Stadion Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (21/9) malam. Bertepatan dengan perayaan ulang tahun PSB Bogor ke-72, mengenalkan manajemen dan tim baru jelang Liga 3, serta launching jersey anyar.

Pada logo baru, sambung Adit, berbentuk perisai segi enam dengan dominasi warga biru, disertai warna merah dan putih. Di tengahnya, terdapat ikon Kota Bogor, yakni Tugu Kujang.

Selain itu, pada logo tetap terdapat tulisan Kota Bogor di bagian bawah dan angka 1950 sebagai ciri tahun kelahiran PSB di bagian atas pada logo.

Adit menceritakan, awal mula berubahnya logo klub sebagai bentuk adaptasi perkembangan zaman dalam dunia sepakbola. Demi tetap menarik penggemar.

Baca Juga  Kena PHK, Pekerja Bisa Klaim BPJS Ketenagakerjaan

“Otomatis kita ingin berevolusi juga pada logo karena 72 tahun belum ganti-ganti. Atas dasar itu, kita ngobrol dengan eks pemain, suporter, manajemen dan semua, ternyata setuju dengan ide ganti logo,” tukasnya.

Memang, kata dia, pergantian logo bukan perkara mudah karena banyak syarat yang diinginkan ada pada logo baru.

“Misalnya, harus dominan biru, lalu masih ada ciri Kota Bogor-nya. Nah setelah itu pendesainnya sodorkan 9 opsi logo. Kita lempar voting kepada semua pihak termasuk suporter dibawah 30 tahun. Itu maksudnya kita sasar penggemar baru yang lebih kekinian. Alhasil dpilihlah yang ini,” jelas Adit.

Logo ini dianggap merepresentasikan syarat-syarat yang ada. Diantaranya tetap dominan warga biru, plus warga putih dan merah. Kemudian ada Tugu Kujang sebagian ikon Kota Bogor dan menyertakan tahun kelahiran PSB serta mencantumkan ‘Kota Bogor’.

Baca Juga  Budayawan Ontrog Kebun Raya Bogor

“Kenapa perisai segi enam? Simpel sih, kan Kota Bogor punya enam kecamatan, ya makanya segi enam. Secara umum proses logo baru ini dua bulan lah,” ujarnya.

Adit pun berharap logo baru bisa diterima oleh penggemar juga masyarakat Kota Bogor secara umum. Logo ini juga diharapkan bisa membawa PSB lebih berprestasi di di Liga 3 musim ini.

“Serta lebih menguatkan citra PSB di masa mendatang. Termasuk brand di media sosial akan lebih kuat di masyarakat,” tuntas Adit. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *