Airlangga Dinilai Layak Jadi Capres

by -
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto. (IST)

METROPOLITAN – Partai Golkar sangat senang dengan pengakuan rekannya di Koa­lisi Indonesia Bersatu (KIB) yang menilai sosok Ketua Umum, Airlangga Hartarto, pantas diusung sebagai Capres 2024. Namun, hal ini juga menjadi ujian bagi koalisi tersebut.

“Kita masih dalam proses penggodokan. Semua masu­kan tetap kita terima,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pu­sat (DPP) Partai Golkar, Dave Laksono, kemarin.

Pernyataan ini merupakan respons atas sikap Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Jawa Barat Hasbullah Rahmad dan Penjabat Se­mentara Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat Pepep Sy­aiful Hidayat yang memberi sinyal dukungan kepada Air­langga menjadi Capres KIB.

Dave mengamini, mencapreskan Airlangga bukan semata sebagai orang nomor satu di Partai Golkar, melainkan kualitas kepemim­pinannya bisa bersaing di bursa Pilpres 2024. Terlebih, itu adalah amanat dari Ra­pimnas Partai Golkar.

Baca Juga  Menko Airlangga Apresiasi Jajaran Polri Tangani Pandemi

Soal posisi capres, sekalipun tiga partai pengusung KIB yaitu Golkar, PPP dan PAN, cukup memberikan tiket di Pilpres 2024, tetap diperlukan perhitungan matang.

“Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipertimbangkan. Kita juga harus berpegang pada aturan pe­rundang-undangan dalam Pemilu nanti,” sebutnya.

Dave mengamini, KIB saat ini dalam kondisi sangat so­lid dari tingkat elite hingga basis kepemimpinan daerah dan akar rumput. Buktinya, kesediaan PPP dan PAN Jabar menyambut baik Airlangga menjadi Capres KIB di Pe­milu 2024.

Sebelumnya, Sekretaris DPW PAN Jabar, Hasbullah Rahmad, mengatakan, partainya mendukung bila akhirnya KIB mengusung Airlangga Har­tarto sebagai Capres dari KIB.

Nama Menteri Koordinator Perekonomian itu merupakan salah satu dari tiga tokoh yang diusulkan PAN Jawa Barat sebagai Capres 2024 dalam Rakernas PAN yang digelar belum lama ini. Dua tokoh lainnya, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan man­tan Ketua PPP Suharso Mo­noarfa.

Baca Juga  Airlangga Dinilai Sukses Bawa RI Keluar dari Resesi

Sementara itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Re­search and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, mengana­lisa, penentuan capres-ca­wapres adalah ujian kedua dan terberat KIB dalam men­jaga soliditas. “Apakah koa­lisi KIB mengalami patah di tengah jalan? Apakah KIB akan bertahan sampai akhir? Ini daya rekat lem koalisi ini sangat berbasis kepada pre­ferensi kandidasinya,” ujar Pangi. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *