Geledah Rumah Sumardi, Kejari Sita Berbagai Aset dan Amankan PNS Tebing Tinggi

by -
Kejari Kabupaten Bogor saat melakukan penggeledahan di rumah tersangka kasus koruspi anggaran bencana, Sumardi, di Cibinong, belum lama ini.

METROPOLITAN.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor menggeledah rumah tersangka kasus korupsi dana kebencanaan di Kabupaten Bogor Sumardi. Hasilnya, petugas mengamankan sejumlah aset dari rumah tersangka di Cibinong.

Seksi Pidana Khusus Kejari Kabupaten Bogor Dodi Wiraatmaja mengatakan, aset yang disita di antaranya  kendaraan bermotor, beberapa sertifikat tanah, rumah, hingga uang tunai sebesar Rp129 juta.

Saat ini, Sekretaris non-aktif Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor itu sendiri masih berstatus buron.

“Hari ini kami menyita sejumlah aset milik tersangka Sumardi,¬† Rumahnya di Cibinong aja ada enam, tanah kavling milik tersangka selain di Kabupaten Bogor, juga ada di Cikarang, Kabupaten Bekasi. Kami melakukan penyitaan karena sudah mulai ada upaya untuk menyembunyikan, dimana enam sertifikat rumah sudah dibawa oleh tersangka Sumardi,” kata Dodi, Rabu (5/10).

Baca Juga  Manchester United Gelontor 3 Gol ke Gawang Sunderland

Tak hanya itu, Kejari juga mengamankan dan memeriksa salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara berinisial DAP. ASN tersebut diduga ikut membantu pelarian tersangka Sumardi.

“Jika terbukti membantu pelarian tersangka Sumardi, DAP bisa dikenakan Pasal 21 UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atau tepatnya obstruction justice dengan ancaman hukuman penjara minimal 3 tahun dan maksimal 7 tahun,” tegasnya.

Tersangka Sumardi merupakan mantan Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Saat itu, ia diduga telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 1,7 milyar melalui korupsi penyalahgunaan anggaran belanja tak terduga (BTT) tahun anggaran 2017.

Baca Juga  Pejabat Terduga Korupsi Rp43 M

Anggaran tersebut harusnya diperuntukkan kepada korban bencana alam di Kecamatan Tenjolaya, Jasinga dan Cisarua. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *