Hasil Survei, Netizen Nilai Ridwan Kamil Capres Paling Jujur dan Kompeten

by -
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Lembaga sigi Semart Politik Club dan Poljokes melakukan survei di media sosial (medsos) untuk melihat sentimen netizen terhadap tokoh-tokoh politik yang akan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasilnya, Ridwan Kamil dinilai netizen sebagai calon presiden (capresL 2024 paling kompeten dan jujur dibanding Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Survei ini dilakukan pada September lalu terhadap 2.838 responden.

Pembina Semart Politik Club yang juga Asociate Profesor Nanyang Technological University (NTU) Singapura, Sulfikar Amir mengatakan, survei yang dilakukan lembaga sigi biasanya banyak mengukur elektabilitas dan kesukaan. Namun, survei kali mengukur hal lain.

“Kita ukur dua dimensi aspek paling penting bagi seorang politikus untuk bisa mengelola pemerintahan. Governing skill keterampilan untuk mengelola pemerintah. Itu ada dua aspek kompetensi dan kejujuran,” ujarnya dikutip siniar TotalPolitik, Kamis (6/10) malam.

Baca Juga  Selain Ketum, PAN Punya Jagoan Capres Lainnya, Ada Nama Ridwan Kamil dan Erick Thohir

Dalam survei ini, pihaknya mengukur kualitas dari satu tokoh politik terkait kompetensi dan kejujuran. Ada delapan tokoh nasional yang masuk dengan penuh pertimbangan dalam survei tersebut.

“Yang kita masukan dua aspek, pertama soal elektabilitas, kedua dia seorang yang memiliki sumber daya politik yang memungkinkan masuk dalam pilpres, artinya dia elit parpol,” ungkapnya.

Delapan tokoh politik tersebut antara lain Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudoyono (AHY), Ganjar Pranowo, Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto, Puan Maharani, dan Ridwan Kamil.

Sulfikar menjelaskan, pihaknya memakai metode klasik analitical hierarki process untuk mengukur aspek kompetensi dan kejujuran para tokoh tersebut.

“Kita mendapatkan satu cara membandingkan satu tokoh dan tokoh yang lain,” akunya.

Baca Juga  Sampaikan Pesan sang Ayah, Puji Sikap Prabowo

Dari hasil survei terkait kompetensi, Ridwan Kamil duduk di peringkat pertama dengan survei positif sebanyak 47,32 persen.

Selanjutnya disusul Anies Baswedan 40,00 persen, lalu Prabowo 16,50 persen dan Ganjar Pranowo 15,56 persen.

Sementara itu, AHY, Airlangga, Muhaimin dan Puan mendapatkan hasil survei negatif tertinggi.

“Ini menarik, empat tokoh positif ini tiga di antaranya kepala daerah, jadi kepala daerah ini bisa menunjukan skillnya, kalau yang di Pusat kan sulit wujud (kompetensi) apa? Begitu juga partai,” ujar Sulfikar.

Untuk hasil survei terkait kejujuran, netizen menganggap Ridwan Kamil sebagai tokoh yang kejujurannya tinggi. Ridwan Kamil tertinggi positif 43,61 persen.

Di posisi kedua ada Anies Baswedan dengan 33,31 persen, Ganjar 93,9 persen, Prabowo 5,94 persen dan AHY positif kejujurannya 5,15 persen.

Baca Juga  Vaksin Covid-19 Gelombang Pertama Belum Beres, Bogor Sudah Terima Gelombang Kedua

“Ganjar dianggap jujur tapi tidak seperti Ridwan Kamil,” katanya.

Menurutnya, aspek kejujuran yang dinilai netizen dalam survei tersebut yakni tokoh tersebut tidak terlibat dalam skandal korupsi, konsistensi antara ucapan dan tindakan.

“Ini persepsi netizen. Paling tidak ini jadi masukan buat tokoh politik bahwa sentimen netizen di dunia maya seperti ini,” tandasnya. (*/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *