Jelang Pilkades 2023, BPD Warungmenteng Gelar Sosialisasi buat RT dan RW

by -

METROPOLITAN.id – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Warungmenteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, pada Maret mendatang, Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Warungmenteng melakukan sosialisasi, Senin (17/10).

Sosialisasi digelar di aula kantor Desa Warungmenteng dan dihadiri Camat Cijeruk Bangun Septa, Kasi Pemerintahan Maman Fatulloh, kades Warungmenteng, LPM, Babinkantibmas, ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat setempat.

Tujuan rapat sosialisasi dilakukan agar para lembaga desa serta ketua RT dan RW dapat menyampaikan hasil sosialisasi ini ke seluruh masyarakat Desa Warungmenteng.

Ketua BPD Warungmenteng Iman Sanjaya mengatakan bahwa BPD melaksanakan rangkaian atau tahapan pilkades. Diawali dengan adanya sosialisasi tahapan-tahapan pikades kepada ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat.

Baca Juga  Rombongan Moge Bebas Ganjil Genap di Kota Bogor Disanksi

Selanjutnya tahapan kedua, BPD akan melaksanakan rapat pembentukan panitia yang kembali dihadiri oleh para stekholder.

Serta para tokoh masyarakat Desa Warung Menteng.

“Pada hari ini kita adakan sosialisasi Pilkades serentak tahun 2023. Kita menyampaikan tahapan-tahapan Pilkades kepada masyarakat yang diwakili oleh ketua pengurus BPD, LPM, ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat,” ujarnya.

“Tahap pertama, Insya Allah setelah kita laksanakan sosialisasi, ada tahapan berikutnya sesuai ketentuan yang berlaku di Pilkades ini. Mulai dari sosialisasi, pemilihan atau pembentukan panitia, pendataan warga dan tahapan tahapan lainnya,” imbuhnya.

Menurutnya, sebagai mana tugas dan fungsi BPD, pelaksanaan Pilkades juga bagian tanggung jawab BPD.

Baca Juga  DKM Al-Hafidz Santuni Puluhan Anak Yatim Piatu di Bogor

Maka dari itu sesuai pedoman ketetapan Pilkades, BPD dan masyarakat harus melaksanakan musyawarah.

“Hasil Bimtek Juni yang lalu, Pilkades di Desa Warung Menteng dilaksakan secara terseba dari Delapan RW, per TPS maksimum 500 pemilih. Maka pada Pilkades nanti Desa Warung Menteng akan membutuhkan 13 TPS,” tukasnya.

“Namun kita masih menunggu intruksi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, apakah ada ketentuan lain terkait pelaksanaannya, apakah ada perubahan TPS atau tidaknya? namun pada intinya kita semua berharap agar Pilkades Desa Warung Menteng, berjalan aman dan lancar, sukses tanpa ekses,” ucapnya.

Hal yang sama dikatakan Kades Warungmenteng Maman Fatulloh.

Sebagai kades, ia bertanggung jawab atas terselenggaranya Pilkades 2023 mendatang.

Baca Juga  Ibu Bunuh Bayi karena Takut Dikira Hasil Selingkuh, Jasad Dibuang ke Penampungan Limbah Pabrik

Sehingga wajib baginya mengikuti tahapan Pilkades. Yaitu sosialisasi bersama Forkopimcam Cijeruk, BPD, LPM, ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat.

Untuk memberikan informasi kepada masyarkat terkait akan dilaksanakannya Pilkades. (nto/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *