Tiga Tahun Menunggu, Kades Tagih Pembangunan Huntap

by -
USULAN: Kades Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Ujang Ruhyandi, meminta ketua DPRD memfasilitasi kepastian huntap di Kecamatan Sukajaya yang hampir tiga tahun belum selesai.

METROPOLITAN – Terkait hunian tetap (huntap) di Keca­matan Sukajaya, kepala desa (kades) di Kecamatan Sukajaya meminta ketua Dewan Perwa­kilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memfasilitasi kepastian huntap yang hampir tiga tahun ini belum selesai.

”Kami meminta kepastian, karena pernah disampaikan ke para pemangku kebijakan. Ba­hkan secara tahapan-tahapan dilakukan,” ungkap Kades Ci­leuksa, Kecamatan Sukajaya, Ujang Ruhyandi.

”Pemerintah daerah sendiri berjanji akan menuntaskan pembangunan huntap di 2023. Tapi dengan kondisi data warga di Sukajaya, termasuk kecama­tan-kecamatan yang lain, mun­gkin tidak bisa selesai,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Jaro Apih itu mengatakan, Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor sebelumnya menjanjikan pembangunan huntap seba­nyak 4.492 unit, yang akan ram­pung pada 2023. Namun, tidak sampai setengahnya, atau lebih tepatnya 1.200 unit yang baru terealisasi.

Baca Juga  Puskesmas Pasir Ditutup Satu Pekan

Menurutnya, bencana alam itu harus menjadi tanggung jawab bersama, baik eksekutif dari sisi kebijakan maupun le­gislatif dari sisi penganggaran. Meski kondisi saat ini masih nuansa pemulihan akibat ben­cana susulan nonalam pandemi Covid-19.

”Kami juga sangat memaklu­mi dan sangat memahami. Tapi di sisi lain, hari ini kami tidak mau berlarut-larut. Ini sudah hampir tiga tahun. Au­diensi hari ini untuk membuat sinergi antara kami di pemerin­tah desa dengan DPRD, juga pemda untuk menuntaskan huntap,” pungkasnya. (ads/suf/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *