Usai Jalur Tambang Dibangun, Truk Besar Dilarang Masuk Jalan Kabupaten

by -
Ilustrasi (dok Diskominfo)

METROPOLITAN.id – Setelah sekian lama akhirnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal merealisasikan pembangunan jalan tambang di wilayah Kabupaten Bogor. Rencananya pembangunan jalan tersebut diawali dengan groundbreaking pada Desember mendatang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbang) Kabupaten Bogor Suryanto Putra mengatakan, dalam pembangunan jalan khusus tambang tersebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggandeng pihak ketiga atau swasta.

“Sejumlah persiapan telah dilakukan diantaranya pembebasan lahan oleh pihak swasta. Setelah pembebasan lahan baru dilakukan MoU dan dilanjutkan dengan pembangunan,” kata dia.

Sebelum melakukan pembangunan tersebut, Suryanto mengungkapkan jika pihaknya bersama Pemprov Jabar telah berkomunikasi dengan pengusaha tambang di wilayah Rumpin, Parungpanjang dan sekitarnya untuk membahas pembebasan lahan. Dalam pertemuan tersebut telah disepakati jika beberapa persen lahan yang akan digunakan untuk jalan dibebaska oleh para pengusaha tambang.

Baca Juga  Puluhan PNS Kena Razia Satpol PP

Dalam pembangunan jalan tambang tersebut nantinya ada beberapa pintu masuk bagi truk tambang. Sebab lokasi tambang di Kabupaten Bogor ini tersebar dibeberapa Kecamatan seperti, Rumpin, Cigudeg, Parungpanjang dan yang lainnya.

“Setiap pintu masuknya ada beberapa perusahaan. Sebab totalnya ada sekitar 30 izin usaha tambang,” paparnya.

Dengan dibangun jalan khusus tambang tersebut, Pemkab Bogor tinggal mengeluarkan kebijakan untuk larangan truk tambang memasuki jalan umum. Dengan begitu dapat mengurangi resiko kacelakaan akibat truk tambang, jalan-jalan rusak, serta debu yang disebabkan truk tambang.

“Jadi truk harus langsung ke jalan itu. Itu khusus untuk tambang, kalau masih ada di jalan kabupaten itu yang jadi masalah. Harus ditindak tegas,” kata Suryanto.

Baca Juga  Pemdes Cilember Perangi Peredaran Narkoba dan Obat Keras

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan soal rencana pembangunan jalur khusus truk tambang yang kerap melintas di wilayah Parung Panjang hingga Rumpin, Kabupaten Bogor.

Dalam unggahan yang dilihat merdeka di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu berencana membangunnya dengan sistem berbayar mirip jalur tol.

Adapun rencana pembangunan akan dimulai groundbreaking-nya di bulan Desember 2022 mendatang. Direncanakan, jalur tersebut akan membentang sepanjang 13-15 km di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Walau begitu, Emil masih belum menjabarkan secara rinci terkait lokasi yang akan dilintasi jalur tambang berkonsep tol berbayar itu.

“Namun Alhamdulillah, semua pihak, setelah negosiasi sana sini bulan-bulan ini sudah bersepakat dari A sampai Z nya. Semoga dilancarkan ikhtiarnya. Aamiin,” ungkapnya. (mam)

Baca Juga  Tabrak Warung, Sopir Truk Terjepit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *