115 Ruang Kelas SDN di Kota Bogor Rusak, Kebanyakan Bermasalah di Bagian Atap

by -

METROPOLITAN.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor mencatat ada sebanyak 115 ruang kelas SDN yang ada di wilayahnya yang mengalami rusak baik berat maupun sedang.

Kebanyakan, ruang kelas SDN ini mengalami kerusakan pada bagian atap. Hal itu seperti diungkapkan Sekretaris Disdik Kota Bogor, Dani Rahadian.

“Jumlah ini berdasarkan data usulan yang dilaporkan ke kita. Ada yang rusak berat dan sedang. (Kebanyakan) Kita lihat struktur atap ya,” kata Dani kepada wartawan baru-baru ini.

Menurutnya, rencananya ruang kelas SDN ini akan mulai diperbaiki mulai tahun 2023. Namun, jumlah yang diperbaiki tidak semuanya.

“Yang diintervensi, sudah dilihat itu tahun 2023 ada 43 (ruang kelas SDN) dulu, sesuai anggaran. Tapi mungkin nanti bisa nambah 44 (perbaikan SDN Bantarjati 9),” ujarnya.

Baca Juga  Karena Merasa Terancam,Pria Ini Nekat Menembak Seorang Nenek

Sebelumnya, satu buah bangunan ruang kelas yang ada di SDN Bantarjati 9, Kota Bogor akhirnya ambruk juga pada Sabtu 19 November 2022.

Bangunan ruang kelas yang biasa digunakan siswa kelas 1 dan 2 itu sudah berbulan-bulan dibiarkan kosong mengingat kondisinya yang sudah rusak.

Meski begitu, Disdik Kota Bogor menyebut perbaikan bangunan ambruk di SDN Bantarjati 9 Kota Bogor belum bisa diperbaiki pada tahun ini.

Hal itu terjadi lantaran untuk memperbaiki ruang kelas yang ambruk tersebut Disdik Kota Bogor perlu membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) terlebih dahulu.

“Untuk tahun 2023, karena perencanaan belum, takutnya gak cukup waktu,” kata Sekretaris Disdik Kota Bogor, Dani Rahadian kepada wartawan.

Baca Juga  Menkominfo Segera Hubungi Facebook Mengenai Hoax

“Paling cepat (dibangun) 2023, karena ada proses perencanaan, paling cepat prediksi bisa di Februari atau Maret,” sambungnya.

Meski begitu, menurut Sekretaris Disdik Kota Bogor, untuk penanganan bangunan ambruk di SDN Bantarjati 9 ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bappeda dan Inspektorat Kota Bogor.

Di mana, rencananya pihaknya akan mengurangi anggaran dari kegiatan lain untuk dialihkan ke SDN Bantarjati 9.

“Sudah dirapatkan juga, anggaran 2023 akan sedikit digeser dari alokasi lain, pengurangan untuk dialokasikan kesini (SDN Bantarjati 9),” ucapnya.

“Menurut Kabid Sarpras kebutuhan (perbaikan SDN Bantarjati 9) membutuhkan Rp150-200 juta,” sambung dia.

Tak hanya itu, dilanjutkan Sekretaris Disdik Kota Bogor, dalam perbaikan bangunan di SDN Bantarjati 9 ini, pihaknya tidak hanya sebatas memperbaiki bangunan yang ambruk, melainkan beserta dua kelas yang ada disebelahnya.

Baca Juga  ABG di Bogor Dicabuli Secara Bergiliran, Tiga Pelaku Diamankan

“Semua tiga lokal itu akan diperbaiki, atap saja pengerjaanya. Karena kalau satu dikerjakan akan merembet, pasti akan ada efeknya,” imbuhnya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *