Banyak BUMD di Kabupaten Bogor Selalu Merugi, Komisi II Minta Dibekukan Saja

by -
BELUM MAKSIMAL: Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Ade Sanjaya, menilai kinerja sejumlah BUMD belum maksimal.

METROPOLITAN – Belum maksimalnya kinerja sejum­lah Badan Usaha Milik Dae­rah (BUMD), rupanya men­curi perhatian anggota Ko­misi II DPRD Kabupaten Bogor Ade Sanjaya. Ia me­nilai masih ditemukan BUMD yang belum berkontribusi maksimal, meski telah be­roperasi bertahun-tahun.

“KITA sering rapat dengan mitra kerja Komisi II seper­ti BUMD dan memang dari beberapa rapat yang kita laksanakan ada BUMD-BUMD yang belum berkon­tribusi besar seperti layaknya perusahaan berkembang,” kata Ade Sanjaya.

Terlebih, sambung dia, pascapandemi Covid-19, ada BUMD yang sedang mela­kukan pemulihan lantaran terkena imbas. Ada pula BUMD yang baru menjalan­kan bisnisnya untuk merea­lisasikan targetnya pada 2023. “Yang sedang melakukan pemulihan nanti akan kita bahas lagi dan kita evaluasi secara menyeluruh di ko­misi,” paparnya.

Ia mengaku ingin menge­tahui kelemahan dari masing-masing BUMD, sehingga perlakuan yang diberikan pada BUMD sesuai kendala yang dihadapi. Seperti yang terjadi pada PT Prayoga Per­tambangan Energi atau PPE.

Baca Juga  Puluhan Baut Jembatan Lebakpilar Lenyap

“Dalam rapat nanti, kita ingin melihat kekurangan di masing-masing BUMD, apa­kah nanti hasilnya BUMD itu akan diberikan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) atau malah hasil evaluasinya dikembalikan ke Pemkab Bogor yang artinya kita drop atau dibubarkan,” paparnya. “Kalau sudah tidak sehat atau tidak bisa memberikan kon­tribusi PAD, Pemkab Bogor seharusnya tak usah mem­pertahankan daripada meru­gi terus,” sambungnya.

Idealnya, sebagai BUMD yang bergerak di bidang per­tambangan dan energi, PT PPE bisa mengepakkan say­apnya dengan bekerja sama dinas-dinas di Kabupaten Bogor. “Bahkan, kalau bisa bekerja sama dengan BUMN membangun jalan tol atau melakukan pemeliharaan lainnya,” ungkapnya. (mam/ eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *