Berkat Samisade, Betonisasi Jalan Kampung di Desa Tugu Jaya bakal Kerek Perekonomian Warga

by -

METROPOLITAN.id – Program Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab) Bogor Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2022 merealisasikan betonisasi jalan di dua kampung di Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong.

Yakni jalan Kampung Cidangdeur RT 01/05 menuju RT 03/04 dengan panjang 659 meter dan lebar 2,5 meter.

Serta jalan di Kampung Benteng RT 01/01 dengan panjang 795 meter dan lebar 2,5 meter.

Selain betonisasi jalan, Pemdes Tugu Jaya juga membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Sukamanah dengan panjang 83 meter,tinggi 3 hingga 5 meter, dengan Lebar 0,30-0,60 meter.

Kades Tugu Jaya, Rifki Abdilah Kades mengatakan, dana Samisade tahun anggaran 2022 telah direalisasikan untuk betonisasi jalan dan pembangunan TP. Sebab lokasi tersebut, memang sudah masuk dalam rencana pembangunan pemerintah pada program Samisade lanjutan tahun ini.

Baca Juga  Diam-diam Panitia Pemekaran Terbentuk

“Pekerjaan tahap pertama sesuai dengan tahapan pencairan dana bantuan, yakni tahap I sebesar 60 persen dan tahap II 40 persen. Tahap pertama anggarannya sebesar Rp181 juta. Tahap kedua sebesar Rp121 juta. Kegiatan dilaksanakan oleh TPK desa dengan melibatkan masyarakat, target penyelesaian pekerjaan selama 20 hari,” paparnya

Kades Tugujaya berharap, dengan dibangunnya jalan di lokasi tersebut dapat memperlancar mobilisasi masyarakat di semua sektor, terutama pada sektor perekonomian.

“Apabila telah rampung atau selesai pekerjaan ini, kami harap semua harapan warga dapat terpenuhi. Yaitu lancarnya mobilisasi masyarakat untuk semua sektor. Baik pertanian, peternakan, pendidikan dan juga kesehatan warga. Mau kemana pun akses jalan sudah kami tingkatkan dengan sebaik mungkin,” tutupnya. (nto/c/ryn)

Baca Juga  Antisipasi Kasus Gangguan Ginjal Misterius, Kota Bogor Siapkan Faskes Rujukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *