Disdik Kabupaten Bogor Minta Korlas Dibubarkan

by -

METROPOLITAN – Maraknya laporan pungutan yang mem­bebankan orang tua murid membuat Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor mengambil langkah tegas. Dis­dik pun meminta koordinator kelas (korlas), baik jenjang SD dan SMP, segera dibubarkan. Hal tersebut disampaikan Ke­pala Disdik Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah.

Ia seringkali mendapatkan laporan adanya pungutan yang dilakukan komite sekolah serta koordinator kelas. “Ka­lau korlas itu bukan komite tapi tidak mengikat aturan yang telah diterapkan. Artinya di luar tanggung jawab kita atau tanpa sepengetahuan Disdik Kabupaten Bogor,” katanya.

Juanda menyebutkan, pun­gutan komite kelas dan koor­dinator kelas terhadap orang tua murid, baik jenjang SD maupun SMP, jelas tidak di­perkenankan. “Apa pun ala­sannya sangat tidak perkenan­kan untuk melakukan pun­gutan. Apalagi, kita sering mendapat laporan kalau komite di setiap sekolah suka melakukan pungutan, teru­tama koordinator kelas. Ma­ka dari itu, ini harus disikapi secara tegas. Untuk korlas lebih baik dibubarkan saja, apalagi merugikan orang tua murid,” tegasnya.

Ia menerangkan adanya aturan Kementerian Pendi­dikan dan Budaya (Kemen­dikbud) Nomor 75 Tahun 2016 yang menjelaskan bahwa Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sum­ber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsi­nya dalam memberikan du­kungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan pendidikan. “Tapi, pihak se­kolah tidak diperkenankan memungut. Siswa dan orang tua siswa maupun komite hanya bisa meminta sumbangan ke donatur atau ke perusahaan yang ada di luar,” terangnya.

Baca Juga  Hampir Sepekan Kota Bogor PPKM Level 2, Senin Besok PTM Terbatas? Kadisdik : Belum, Masih Persiapan

Sementara itu, Humas Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Iqbal Rukmana, menambahkan, kasus pungutan terhadap orang tua murid, baik jenjang SD dan SMP, di Kabupaten Bogor ke­banyakan dilakukan korlas. “Kebanyakan yang melakukan pungutan itu biasanya korlas. Menurut saya korlas ini harus dibubarkan, karena ada pulu­han yang sudah kita tangani,” tandasnya. (pkr/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *